Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Batal Kunjungi Bencana MTS, Wagub Nasrul Abit Serahkan Bantuan di Lubuksikaping

Batal Kunjungi Bencana MTS, Wagub Nasrul Abit Serahkan Bantuan di Lubuksikaping
Wagub Sumbar, Nasrul Abit saat tiba di Gelora Tuanku Imam Bonjol, usai batal mengunjungi lokasi bencana di Mapattunggul Selatan. 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Peninjauan lokasi bencana di Nagari Muaro Seilolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Jumat (21/2) pagi urung terlaksana. Penyebabnya, helikopter yang ditumpangi Nasrul Abit beserta rombongan dan sejumlah pejabat Pemkab Pasaman batal mendarat di titik pendaratan di Nagari Muaro Seilolo.

Cuaca buruk dan dihadang awan tebal, menyebabkan helikopter tidak bisa melintasi bukit. Wagub Nasrul Abit beserta rombongan terpaksa landing kembali ke Gelora Tuanku Imam Bonjol di Lubuksikaping, karena tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. Kepada awak media, Nasrul Abit menyampaikan permohonan maafnya, terkhusus kepada masyarakat terdampak bencana di Mapattunggul Selatan. 

Faktor cuaca menyebabkan dia batal berkunjung. Namun, dia berjanji akan mengunjungi MTS di lain waktu secepatnya.
"Kita sudah coba menuju Mapat Tunggul Selatan dengan helikopter, namun karena cuaca buruk dan helikopter tidak bisa ke sana. Kami minta maaf kepada warga Mapat Tunggul Selatan karena tidak jadi sampai ke sana," ujar Nasrul Abit penuh kecewa.

Sebelumnya, rombongan Wagub Nasrul Abit berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sekitar pukul 08.00 WIB. Dengan tujuan hendak meninjau lokasi bencana banjir bandang di Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman.

Keputusan menempuh perjalanan lewat jalur udara diakibatkan susahnya menjangkau daerah bencana lewat jalur darat karena lokasinya bencana tersebut terpencil dan terisolir. Untuk menuju lokasi, butuh waktu lima jam perjalanan dari Ibu kota Pasaman, Lubuksikaping. 

Namun, dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur menyerahkan sejumlah bantuan untuk penanganan bencana alam di Mapattunggul Selatan. Bantuan diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Pasaman, Mara Ondak didampingi Kalaksa BPBD Ricky Riswandi dan sejumlah Kepala OPD lainnya. 

"Ada bantuan uang tunai senilai Rp250 juta dari BNPB, serta Rp75 juta dari BPBD Sumbar dan beras sebanyak 8 ton lebih dari Dinas Pangan. Ditambah bantuan logistik lainnya dari Dinas Sosial Provinsi Sumbar," katanya. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di