Harian Haluan

Harianhaluan.com

Terkait Foto Legislator, BK DPRD Pasaman Mengaku Belum Bisa Bertindak

Terkait Foto Legislator, BK DPRD Pasaman Mengaku Belum Bisa Bertindak
Ilustrasi 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPR) Kabupaten Pasaman, Haniful Khairi mengaku, pihaknya belum bisa bertindak terkait  beredarnya foto syur diduga salah seorang legislator daerah itu, dengan seorang bule cantik berbikini di pantai Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Kami belum mensahkan terkait kode etik anggota DPRD yang pembahasan finalnya baru akan dilaksanakan pada Maret 2020," ungkapnya, ketika dihubungi Haluan Media Group, melalui telepon selulernya, Kamis(27/02).

Meskipun demikian, Haniful membenarkan bahwa sosok dalam photo syur tersebut adalah anggota legislatif DPRD Pasaman, yang juga merupakan ketua fraksi dari partai peraih kursi terbanyak pada Pemilu 2019 lalu.

"Memang itu betul beliau. Secara etika memang tidak tepat. Namun, kejadian itu tidak seperti fakta yang kini viral. Tidak seperti yang dipersepsikan publik," kata dia.

Ia mengaku sudah mengklarifikasi yang bersangkutan dan dari hasil penelusurannya, penyebar foto itu kali pertama bukan sosok dalam foto tersebut. Melainkan, rekan sesama anggota legislator lainnya.

Akibatnya, lanjut dia, kasus ini semakin menarik perhatian publik karena sosok dalam foto itu adalah seorang wakil rakyat.

"Berita itu semakin viral, karena telah dibumbui oleh keirian. Khususnya bagi pihak-pihak yang gagal bertarung dan meraih kursi pada pemilu lalu. Sementara, yang nakalnya lebih parah dari itu banyak sebenarnya," ungkap Haniful Khairi.

Bagi Haniful, pose foto tersebut masih dalam batas kewajaran. Disana, kata dia, hal itu wajar. Tapi disini, kelakuan seperti itu tidak bisa diterima.

Karena itu objek wisata, jadi, wajarlah, jelasnya, Tapi sekali lagi tergantung persepsi masing-masing.

Dari keterangan yang dirangkum oleh pihaknya, oknum legislator itu bersama rombongan di lokasi tersebut diminta berfoto bareng oleh salah seorang turis mancanegara dan diambil sendiri oleh rekan se-partai dengannya atas permintaan turis bule tersebut.

"Foto itu diambil oleh rekannya dipartai yang sama. Namun kemudian viral setelah disebarkan ke group media sosial oleh rekan anggota dewan lainnya, saat ini Badan Kehormatan DPRD hanya bisa memberi nasehat," ucapnya

Pada kesempatan itu, ia  meminta kepda seluruh legislator agar lebih berhati-hati menjaga etika sebagai pejabat publik, yang harus menjaga harkat dan martabat masyarakat pemilih dan tentu saja lembaga negara.

"Sudah sepatutnya kita memberi contoh yang baik, dan terus berjuang memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa ini," tegasnya.

Sebelumnya, Masyarakat di Kabupaten Pasaman dihebohkan dengan beredarnya foto diduga mirip salah seorang legislator asal daerah itu dengan seorang wanita cantik berbikini.

Informasi yang dihimpun, foto ini diduga diambil ketika yang bersangkutan sedang melakukan kunjungan ke salah satu daerah wisata pantai di Indonesia, belum lama ini.

"Dari pengamatan saya terhadap foto tersebut, sangat kentara itu diambil secara sadar dan sengaja oleh yang bersangkutan kemungkinan untuk koleksi pribadi. Namun, entah kenapa foto tersebut beredar luas tanpa bisa diketahui darimana sumbernya," kata salah seorang warga Lubuksikapiang, Agus Herman (34), Rabu (26/2/2020). (*)

Reporter : TIM HALUAN /  Editor : Heldi
Ikuti kami di