Logo Harianhaluan

Wanita di Pessel harus Bisa Deteksi Dini Kanker Serviks

Wanita di Pessel harus Bisa Deteksi Dini Kanker Serviks
Foto Bersama disela pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma di Pantai Sumedang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kamis (12/3). 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengajak perempuan di daerah setempat untuk melaksanakan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) guna mendeteksi gejala-gejala kanker serviks.

"Tes IVA ini merupakan bagian dari antisipasi jika seandainya terdeteksi. Selanjutnya bisa segera dilakukan penanganan medis," ucap Lisda Hendrajoni disela pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma di Pantai Sumedang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kamis (12/3)

Baca Juga : Begini Cara SEML Merawat Keakraban Jelang Berbuka Puasa

Dia menuturkan, dengan semakin tingginya animo masyarakat dalam mengikuti tes IVA maka upaya untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut semakin terbuka untuk diminimalisir. "Kanker serviks perlu diwaspadai, sebab merupakan pembunuh nomor dua kaum perempuan setelah jantung koroner," ujar istri bupati Pessel ini yang juga anggota Komisi VIII DPR RI.

Menurutnya, tes IVA dilakukan kepada kaum perempuan yang sudah menikah maupun pernah menikah. Kegiatan tersebut juga masuk dalam program nasional serta dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang tertuang dalam Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017.

Baca Juga : DPC PPDI Padang Panjang Adakan Program Sosial Peduli Disabilitas

"Jadi, Ibu-ibu jangan malu atau malas. Kegiatan ini bakal berdampak baik terhadap diri kita dan lingkungan. Mengikuti tes IVA berarti telah ikut menyukseskan program nasional pemerintah," katanya mengakhiri. (*)

Reporter : Okis | Editor : Agoes Embun