Harian Haluan

Harianhaluan.com

Kantongi Rekomendasi Partai Nasdem, Langkah Nofi Candra di Pilkada Solok Kian Jelas

Kantongi Rekomendasi Partai Nasdem, Langkah Nofi Candra di Pilkada Solok Kian Jelas
Mantan anggota DPD RI yang maju dalan pemilihan bupati Solok tahun 2020 ini, H. Nofi Candra, SE menerima rekomendasi calon bupati Solok dari DPP Partai Nasdem melalui Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Solok H. Armen Plani didampingi pengurus Hidayat dan Azwirman serta Nopi Jananto, di kantor Nasdem jalan bypass Cupak Solok, Selasa (24/3/2020). 

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM -- Eskalasi politik jelang Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Solok 2020 terus bergerak dinamis. Di tengah riuh rendah para kandidat yang terus berpacu untuk mendapatkan rekomendasi dari partai pengusung, satu persatu mulai terkuak ke publik.

Mantan senator DPD RI Nofi Candra yang sebelumnya sudah memastikan diri sebagai salah seorang kontestan Balon Bupati Solok periode 2021-2025, akhirnya mengantongi rekomendasi dari DPP Partai Nasdem.

Rekomendsi itu, kian memperjelas langkah politik tokoh muda Solok yang mengusung konsep Solok Baru sebagai visinya ke depan tersebut dalam busra calon kepala daerah mendatang.

Datang dengan stelan baju batik warna biru dengan kombinasi celana hitam, Nofi Candra didampingi tim Wendra Amir, Jasnil Khaidir dan Petrius Rere diterima ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Solok H. Armen Plani bersama jajaran pengurus yang sekaligus anggota fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Solok buya Azwirman dan Hidayat B. Ac serta Nopi Jananto.

Ketua DPD Partai Nasdem Armen Plani di sela penyerahan rekomendasi DPP Nasdem di kantor Nasdem Jallan Bypass Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Selasa (24/3/2020), mengaku rekomendasi DPP Partai Nasdem kepada Nofi Candra merupakan keputusan yang tepat dan pihaknya mengaku siap memenangkan Nofi Candra menjadi Bupati Solok periode 2021-2025.

Dalam surat rekomendasi dengan nomor: 123-SI/RP/DPP-Nasdem/III/2020 tanggal 18 Maret 2020 yang ditanda tangani Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasden Ahmad HM.

Ali bersama Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu Prananda Surya Paloh itu, memuat persetujuan dan langkah politik yang akan dilakukan DPD Partai Nasdem bersama Nofi Candra.

“Partai Nasedem ingin menjadi yang pertama dan terdepan dalam menentukan sikap terhadap kandidat yang akan diusung dalam Pilkada nanti. Hal ini dibuktikan dengan menjadi partai pertama yang menerbitkan rekomendasi,” beber Armen kepada Harianhaluan.com.

Terhadap itu, Armen Plani menyatakan kesiapannya melaksanakan perintah melakukan komunikasi politik dengan lintas partai bersama Nofi Candra untuk mencari calon wakil bupati.

"Kami siap memenangkan Nofi Candra menjadi Bupati Solok. Bahkan kami juga telah melakukan komunikasi politik dengan partai lain, agar bagaimana nanti Nofi Candra bisa maju dalam pemilihan Bupati Solok," tutur Armen Plani.

Komunikasi politik itu, kata Armen menjadi sangat urgen, karena untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Solok membutuhkan syarat dukungan 20 persen jumlah pemilih atau setara dengan 7 kursi partai politik di DPRD setempat. Sementara kekuatan Nasdem baru memiliki 4 kursi, sehingga diperlukan 3 kursi tambahan dari partai lain.

"Nasdem terus berjuang untuk mendapatkan partai koalisi sehingga bisa memenuhi syarat mengusung calon bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok," tutur ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Solok itu.

Kesiapan partai NasDem untuk memenangkan Nofi Candra menjadi Bupati Solok, juga diungkapkan Hidayat, B. Ac. Ia mengklaim mesin partai NasDem akan jalan maksimal dan ingin menjadi partai terdepan di daerah penghasil bareh itu.

"Kita menyambut rekomendasi ini (pencalonan Nofi Candra) dengan gembira, karena DPP Partai Nasdem betul-betul telah menunjuk orang yang tepat dan visinya dalam program Solok Baru selaras dengan Platform partai," ucap Hidayat.

Senada dengan itu, sekretaris fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Solok Azwirman menyebutkan, melihat situasi politik yang berkembang, memang layak Nofi Candra diusung menjadi bupati Solok. Selain tokoh muda yang sangat sudah memiliki jaringan di pusat, Nofi dipandang sebagai sosok yang selama ini banyak berjuang untuk kepentingan petani di daerah itu.

"Mayoritas masyarakat di kabupaten Solok hidup di sektor pertanian. NC selama ini sudah sering turun ke masyarakat dalam kapasitasnya sebagai senator. Dan saya sangat yakin, beliau memiliki pemikiran untuk mengangkat potensi itu sesuai dengan visi Solok Barunya,” ucap Azwirman.

Partai Nasdem kata dia, sudah mengadakan survey dan telah melalui mekanisme yang jelas selama 6 bulan, baru kemudian dikeluarkan rekomendasi.

"Karena itu sudah tepat partai Nasdem menjatuhkan dan sekaligus menumpangkan harapan kepada Nofi Candra untuk memimpin kabupaten Solok," tegasnya.

Menyambut rekomendasi itu, Nofi Candra mengaku semakin temotivasi mengikuti Pilkada Kab Solok. Satu hal yang membuat NC merasa takjub, karena dirinya mendapatkan kepercayaan maju sebagai bacalon bupati Solok benar-benar tanpa mahar, seperti sejak awal telah ditegaskan sebagai partai Nasdem dengan Politik Tanpa Mahar.

"Partai Nasdem benar-benar menunjukkan komitmennya tanpa mahar. Kecuali mengeluarkan biaya survey dan langsung dibayarkan kepada lembaga Survey yang dipercaya partai, kita tidak ada mengeluarkan uang. Mulai dari penjaringan, pendaftaran, hingga dikeluarkan rekomendasi, tidak ada biaya," kata Nofi Candra.

Dalam menentukan, langkah politiknya menuju BA 1 H nanti, Nofi mengaku siap untuk terus membangun komunikasi politik bersama Partai Nasdem. Termasuk menyelaraskan visi Solok Baru dengan Platform Partai Nasdem.

"Alhamdulillah, ini sebuah langkah maju yang sudah kita dapatkan hari ini. Semoga langkah kita kedepan semakin dimudahkan Allah SWT," ucap Nofi. (*)

Reporter : Wandi /  Editor : Milna
Ikuti kami di