Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

Cegah Corona, Dokter Larang Cipika Cipiki saat Pulang Kerja

Cegah Corona, Dokter Larang Cipika Cipiki saat Pulang Kerja
Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker. Foto: Freepik/freepik 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu cara penting yang harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau COVID-19 adalah dengan mengubah kebiasaan kita.

Dikutip dari Viva.co.id, Selasa (24/3/2020), kebanyakan orang Indonesia, ketika pulang beraktivitas tidak langsung membersihkan diri, melainkan bermalas-malasan atau langsung berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. 

Hal inilah yang akhirnya menularkan virus corona yang ada di dalam diri kita ke anggota keluarga yang lain, karena kita dapat menjadi carrier bagi orang lain.

Meski Kamu masih berusia muda, inilah yang menjadi biang masalah. Karena sistem imun masih bagus, virus corona yang menempel di tubuh Kamu tidak menunjukkan gejala, yang akhirnya akan menularkan ke anggota keluarga lain, seperti orangtua, yang notabene berusia lebih tua dan lebih rentan terhadap virus ini. 

Hal itu juga turut disampaikan oleh dokter relawan sekaligus influencer, Dokter Tirta Mandira Hudi, saat menjadi bintang tamu di program Kabar Petang, tvOne. Menurut dia, usia muda bisa berakibat fatal sebagai pembawa virus yang berasal dari Wuhan, China itu. 

"Jadi ketika kita usia muda, sebenarnya kita bawa corona. Cuma karena imun kita kuat, itu asimtomatik. Jadi tidak bergejala. Nah, makanya ketika Kamu pulang dari kerja, jangan langsung cipika cipiki sama anak, jangan langsung bercanda sama orangtua. Langsung ke WC cuci tangan, baru kita bisa peluk-peluk," ujarnya di tvOne, Selasa, 24 Maret 2020. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna
Ikuti kami di