Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

Jaga Kesehatan di Masa Self Isolation dengan Menghindari Makanan Ini

Jaga Kesehatan di Masa Self Isolation dengan Menghindari Makanan Ini
Ilustrasi 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selama masa self isolation untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19, pastinya kamu akan begitu banyak menghabiskan waktu untuk berdiam diri di rumah bersama keluarga. Dan di saat masa-masa seperti inilah terkadang berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi justru bisa jadi tak menyehatkan dan malah membuatmu sakit. Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari atau dikurangi selama masa self isolation.

Es Krim
Saat menghabiskan waktu untuk bersantai di rumah, paling tepat rasanya menikmati es krim. Namun tahu nggak Ladies, jika terlalu sering mengonsumsi es krim saat masa self isolation bisa menstimulasi bagian saraf lho. Hal ini dikarenakan suhu dingin pada es krim bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi bengkak. Oleh sebab itu Ladies, meskipun enak sebaiknya kamu memang tak mengonsumsi es krim secara berlebihan.

Keju
Jenis makanan yang satu ini selain banyak disukai juga sering menjadi bahan pelengkap yang lezat pada makanan lain. Namun, adanya kandungan tyramine dalam keju parmesan, keju biru dan keju feta dapat menyebabkan sakit kepala lho Ladies.

Kopi
Saat ini kopi memang telah menjadi jenis minuman yang begitu kekinian, dari muda hingga yang tua semuanya banyak yang menjadi pencinta kopi. Namun, di masa self isolation seperti ini ada baiknya kamu tak terlalu banyak menikmatinya. Karena kopi sendiri bisa menimbulkan resiko sakit kepala jika sering dikonsumsi. Lebih baik kamu mengganti asupan kafein dengan minuman yang dapat menguatkan daya tahan tubuh seperti jahe, kunyit dan lain sebagainya.

Mengandung Pemanis Buatan
Nggak dapat dipungkiri, berbagai makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan memang banyak disukai karena rasanya yang enak. Meski demikian, sebaiknya kamu memang harus mengurangi mengonsumsinya secara berlebihan, Ladies. Pasalnya, kandungan seperti sakarin, asesulfam, aspartam, neotame dan sukralosa dapat memicu sakit kepala.

Mengandung MSG
Selama masa self isolation, mungkin kamu akan banyak mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG). Makanan yang mengandung penyedap rasa atau micin ini memang akan sangat pas dinikmati saat masa-masa bersantai di rumah. Meskipun begitu, kamu harus tahu bahwa makanan tersebut dapat membuat sakit kepala atau migrain 10-15 persen lebih parah dari biasanya lho.

Demikianlah beberapa makanan yang sebaiknya kamu kurangi asupannya selama masa self isolation ini. Alangkah lebih baiknya kamu mulai mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang dapat menguatkan imunitas tubuh, agar tak mudah sakit dan terinfeksi virus.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Ikuti kami di