Harian Haluan

Harianhaluan.com

7 Cara Kreatif Mengolah Ikan Kaleng Agar Lebih Nikmat

7 Cara Kreatif Mengolah Ikan Kaleng Agar Lebih Nikmat
Ilustrasi 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ikan kaleng jadi salah satu jenis makanan yang awet disimpan. Cara mengolah ikan kaleng pun beragam dan bisa dikreasikan dengan padanan sajian lainnya.

Sebagai makanan yang awet disimpan, ikan kaleng bisa jadi lauk untuk menemani nasi saat Anda bosan dengan sajian yang itu-itu saja. Ikan kaleng menghadirkan tuna, sarden, atau makerel olahan.

Meski dalam kemasan, ikan-ikan laut tetap kaya akan kandungan omega-3. Kandungan ini dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Berikut beberapa cara mengolah ikan kaleng yang bisa Anda coba di rumah, mengutip Eat This.

1. Salad
Ikan kaleng bisa melengkapi asupan protein pada salad Anda. Pilih ikan tuna atau salmon kaleng untuk disajikan bersama salad.

Siapkan salad praktis dengan jenis sayuran seperti bayam, mentimun, tomat, dan dressing berupa perasan lemon, minyak zaitun, sedikit garam, dan lada.

Sajian ini cepat dan praktis tetapi penuh nutrisi. Untuk makan malam, Anda bisa menyiasatinya dengan sajian pasta dari biji-bijian utuh, ikan tuna kaleng, dan dressing berupa yogurt Yunani.

2. Paprika atau kentang isi
Ikan kaleng bisa jadi bahan isian untuk paprika atau kentang. Gunakan campuran ikan kaleng, bawang bombai, tomat, dan lada untuk mengisi separuh paprika.

Sebelum dipanggang, taburi dengan sedikit keju. Satu kudapan pun siap disajikan.

3. Roti panggang
Sarapan dengan roti panggang, poached egg, dan irisan alpukat selalu sempurna untuk memulai hari. Namun, tak ada salahnya memanfaatkan ikan kaleng.

Manfaatkan ikan tuna kaleng sebagai pengganti telur. Anda pun bakal kenyang seharian hingga jam makan siang tiba.

4. Omelette
Tak bisa dimungkiri, telur memang salah satu bahan pangan yang sangat mudah dan praktis diolah. Padukan telur dengan ikan kaleng untuk membuatnya jadi omelette ikan. Tambahkan lada untuk menambah nikmat sajian.

5. Tomat
Prinsipnya sama seperti membuat paprika dan kentang isi. Cukup siapkan ikan tuna kaleng, tomat berukuran besar, dan keju.

Potong bagian atas tomat, keluarkan sedikit isinya, dan masukkan tuna.

Anda juga bisa menambahkan sayuran atau rempah sesuai selera. Kemudian, tambahkan keju sebagai topping. Panggang hingga keju berubah warna jadi sedikit kecokelatan.

6. Pasta
Makerel atau sarden bakal jadi pendamping bersantap pasta yang lezat. Bayangkan, jika biasanya Anda menggunakan saus carbonara, kini Anda memanfaatkan ikan kaleng sebagai penggantinya.

Cukup masak pasta hingga mencapai tingkat kekenyalan yang diinginkan. Kemudian panaskan ikan kaleng dan tambahkan bahan lain sesuai selera seperti potongan bawang bombai atau bawang putih untuk menambahkan cita rasa. Siapkan pasta di piring dan siram dengan ikan yang sudah dihangatkan.

7. Alpukat
Kandungan nutrisi dalam buah ini tak perlu diragukan lagi. Alpukat mengandung lemak sehat sekaligus bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Padukan ikan kaleng dan alpukat agar nutrisi yang didapat bisa berlipat-lipat.

Cukup belah alpukat, keluarkan isinya, dan isi dengan ikan kaleng baik salmon atau tuna. Anda juga bisa mengkreasikannya dengan menambahkan keju di atasnya lalu dipanggang. (*)
 

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi
Ikuti kami di