Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ada Pendataan Warga di Padang, Untuk Apa Ya?

Ada Pendataan Warga di Padang, Untuk Apa Ya?
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Imbas dari virus corona menyasar semua kalangan, tidak terkecuali masyarakat dengan ekonomi lemah. Hal itu pula yang terjadi di Kota Padang. Pemerintah Kota (Pemko) Padang sudah berencana untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 mulai awal April ini dengan sebelumnya dilakukan pendataan oleh petugas kelurahan. 

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pendataan tersebut dilakukan di pemerintah terendah di Padang, mulai dari RT, RW hingga Kelurahan. Data tersebut nantinya akan menjadi rujukan bagi Pemko Padang guna mengantisipasi kebutuhan ekonomi masyarakat. Disebut Mahyeldi, pendataan itu sudah berjalan beberapa hari belakangan. 

"Dalam beberapa hari ini sudah mulai didata dan sudah ada yang dibantu. Mereka yang bisa dapat itu adalah keluarga yang terdampak," sebut Mahyeldi dalam jumpa pers online bersama IJTI Sumbar, Jumat (3/4/2020) malam. 

Dia menambahkan, untuk bantuan tersebut saat ini dibatasi oleh pemerintah pusat. Makanya, dalam pendataan, pihaknya menambah akurasi data terbaru masyarakat yang selama ini mendapat bantuan dari Kemensos. "Kita perlu standar yang jelas. Kepada masyarakat yang tidak terdampak, jangan memaksakan diri untuk bisa mendapatkan," tegas Mahyeldi. 

Ditambahkannya, saat ini Pemko Padang sendiri sudah menyiagakan beras sebanyak 400 ton. Namun, tidak seluruh warga berhak mendapatkan beras tersebut. Subsidi beras diberikan kepada mereka yang terdampak, seperti pedagang kecil yang selama ini berdagang di sekolah. Saat aktivitas sekolah dipindahkan ke rumah, maka pedagang tersebut tidak berjualan. Begitu juga bagi tukang ojek dan lainnya. (*)

 Editor : Agoes Embun
Tags
Corona
Ikuti kami di