Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

Bagikan Sembako dan Paket Lebaran, Dewan Da'wah Sumbar Ikhtiar Bantu Umat

Bagikan Sembako dan Paket Lebaran, Dewan Da'wah Sumbar Ikhtiar Bantu Umat
Penyerahan Bantuan Sembako oleh Ketua Dewan Da'wah Sumbar Badrul Mustafa. Ist 

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Sumatera Barat (Dewan Da'wah Sumbar)  menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat wabah Covid-19 di beberapa lokasi. 

Diantaranya  55 paket sembako di Tunggul Hitam Kota Padang pada 11 Mei, yang dilaksanakan oleh Muslimat Dewan Da’wah, kemudian  oleh Lazis Dewan Da’wah pembagian  450 paket takjil di Jalan Sudirman Bukittinggi, pada 12-15 Mei. 

Selain itu,  juga dibagikan Bingkisan Lebaran untuk Guru Ngaji terdampak Covid-19 di Bukittinggi, Rabu  (20/5/2020) oleh Lazis Dewan Da’wah, dan 40 paket sembako kepada warga di sekitar Air Tawar Barat Padang, Kamis  (21/5/2020).

 Di samping itu, telah disalurkan bantuan dana kepada seluruh Da’i Dewan Da’wah di pedalaman melalui kerjasam dengan ZIS Yarsi Sumbar.

Baca Juga : Mobil BMW Berpelat Covid-19 Jadi Pusat Perhatian, Diduga Parkir di Bandara Sejak Februari
Baca Juga : Sumbar Catatkan 2 Warga Positif, 1 Pasien Dirawat di Rumah Sakit


Penyerahan sembako kepada warga dihadiri oleh Badrul Mustafa Kemal (Ketua Dewan Da’wah Sumbar) bersama Anisral (Wakil Ketua Dewan Da’wah Sumbar), Mazwar Mas’ud (Sekretaris Dewan Da’wah Sumbar), Afdhal (Wakil Sekretaris Dewan Da’wah Sumbar) dan Jimmi Syah Putra Ginting (Biro Humas dan Kerjasama).

Ketua Dewan Da’wah Sumbar Badrul Mustafa Kemal, seusai penyerahan bantuan sembako di kantor Dewan Da’wah Sumbar, menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 merupakan ujian kesabaran bagi semua komponen ummat dan bangsa. 
"Kita dituntut sabar dan saling bergandengan tangan, baik antara Pemerintah, Ulama, Da’i, dan masyarakat untuk melewati ujian ini," ujarnya.

Badrul  Mustafa juga menghimbau agar setiap Da’i dan Pengurus Dewan Da’wah yang berda’wah di seluruh kabupaten/Kota agar kiranya  tetap membersamai ummat dengan penuh kesabaran. 

Walaupun kita dituntut melaksanakan phisical distancing,  kata Badrul Mustafa, interaksi dengan ummat tetap perlu dijaga.  Kalau sebelum wabah kita bertemu dengan ummat secara langsung melalui pengajian, ceramah, dan sebagainya, maka di tengah wabah covid-19 ini tugas membimbing ummat terus digiatkan dengan berbagai macam cara tanpa menimbulkan kerumuman massa. 

"Apapun kondisinya, da’wah adalah yang paling utama.  Saat ini tugas kitalah menghadirkan optimisme di tengah ummat, menghadirkan semangat saling tolong menolong, dan kesadaran bahwa Allah tidak membebani ummat di luar kemampuan ummat. Insya Allah dengan ikhtiar bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui phisical distancing dan budaya hidup bersih dan sehat, semoga wabah ini segera berakhir," ujar Badrul Mustafa.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dewan Da’wah Sumbar Mazwar Mas’ud, menurutnya wabah Covid-19 ini menghadirkan banyak hikmah, diantaranya adalah menghadirkan kedekatan yang lebih baik dengan keluarga dan memperkuat kepedulian dan semangat saling membantu antar sesama. "Semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah SWT menjalani dan melewati ujian ini," ujarnya.

 Sumber : Rilis /  Editor : Dodi Nurja
Ikuti kami di