Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Tradisi Pawai Obor Jadi Agenda Tahunan Saat Melepas Ramadan

Tradisi Pawai Obor Jadi Agenda Tahunan Saat Melepas Ramadan
Dok indopos 

HARIANHALUAN.COM -- Tradisi pawai obor pada malam takbiran membawa suasana kebersamaan tersendiri di Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk penanda telah berakhirnya bulan ramadan serta menjalin silaturahmi antar masyarakat.

Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pawar obor dilaksanakan oleh anak muda yang mengaji di surau atau mesjid setiap daerah, namun belakangan kegiatan tersebut telah menarik antusias para pemuda dan pemudi untuk ikut meramaikan.

Seorang warga Baruah Gunuang sekaligus anggota komisi II DPRD Limapuluh Kota, Doni Ikhlas mengatakan biasanya kegiatan ini didampingi oleh guru mengaji dengan berkeliling kampung sambil membawa obor yang terbuat dari bambu kecil serta melantunkan takbir.

"Kita berjalan kaki sambil membawa obor, antusias dari teman-teman membuat kita menjadi tambah semangat," katanya, Sabtu (23/5/2020).

Biasanya, sehari sebelum pelaksanaan takbir keliling, para pemuda bergotong royong untuk mencari bambu kecil sebagai peralatan obor.

Untuk menambah semangat dari peserta, dalam mengumandangkan takbir didukung peralatan pengeras suara atau towa sehingga suara takbir terdengar kepada rumah-rumah yang memiliki akses yang jauh. Biasanya rute perjalanan takbir keliling dimulai dari Pasar Baruah Gunuang menuju Palokoto, kembali ke pasar dan daerah Bate.

Sambutan masyarakat sangat antusias ditandai dengan ikutnya memasang obor di masing-masing rumah. "Hal tersebut menambah semangat peserta dalam berkeliling, biasanya setelah waktu Isya kita mulai berkeliling antar kampung," tutupnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Ikuti kami di