Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

TES MATA! Coba Temukan Hewan di Gambar Ini, hanya 1 Persen yang Bisa

TES MATA! Coba Temukan Hewan di Gambar Ini, hanya 1 Persen yang Bisa
ilusi optik 

HARIANHALUAN.COM - Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang mekanisme ilusi optik? Ya, ada banyak contoh gambar seperti itu yang mampu menipu pikiran dan membuat kita bingung. Gambar ilusi optik ini viral lantaran hanya ada 1 persen orang saja yang mampu menemukan hewan pada gambar tersebut. Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu mencobanya?

Efek McCollough, merupakan trik yang menipu otak sehingga setelah kita menatap garis bolak-balik selama beberapa menit, membuat otak kamu mulai melihat semburat warna merah muda atau warna lain ketika melihat garis hitam-putih, demikian seperti dilansir dari Healthy Food House.

Jika kamu memiringkan kepala 90 derajat, kamu dapat mengurangi atau meningkatkan efeknya. Dan kamu dapat membalikkannya dengan memutar gambar induksi. Juga, semakin lama melihat gambar induksi yang asli, semakin lama efeknya akan bertahan. Fenomena ini didefinisikan sebagai ilusi visual, di mana penglihatan retina bertahan setelah pengangkatan stimulus, yang menjadi semacam bayangan. 

Para peneliti percaya bahwa itu adalah hasil dari aktivasi lanjutan dari sistem visual. Yaitu, warna-warna yang kuat membuat kesan pada sistem visual dan menipu untuk berpikir bahwa kita masih melihat warna, dan akhirnya membuat orang percaya bahwa apa yang dia lihat adalah garis-garis hitam putih. 

Baca Juga : Penangguhan Penahanan Ditolak, Penasehat Hukum dan Keluarga Almarhum Lehar Kecewa
Baca Juga : Selama 6 Bulan, 29 Warga Pariaman Terkena DBD

Jurnal Psikologi Eksperimental menemukan bahwa dengan cara yang sama seperti lampu kilat kamera, jika bisa bertahan untuk melihatnya, efek ini dapat bertahan selama lebih dari 3 bulan, seandainya pengamat melihat kisi-kisi warna-warni untuk periode waktu yang lama. Sekarang, apakah kamu sudah bisa menebak ada hewan apa yang terdapat pada gambar tersebut?

Para peneliti turut memperingatkan, jika kamu tidak melihat efeknya setelah melihat bolak-balik dalam beberapa menit, kamu harus lebih berhati-hati jika ingin mencobanya dalam waktu yang lebih lama. (*)

 Sumber : vivanews.com /  Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di