Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Lakukan Perjalanan ke Zona Merah, 61 Orang Tes Swab di Solsel

Lakukan Perjalanan ke Zona Merah, 61 Orang Tes Swab di Solsel
Persiapan petugas medis jelang tes swab di Solsel. 

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Solok Selatan (Solsel) mengambil sampel swab terhadap pegawai negeri sipil (PNS) dan jajaran TNI-Polri serta petugas lapangan di kabupaten itu yang telah melakukan perjalanan ke zona merah Covid-19. Ada sekitar 61 sample swab yang diambil untuk diuji pada Jumat (29/5/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solsel, Novirman mengatakan, hal itu dilakukan sesuai instruksi dari Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman. "Pengambilan swab bagi ASN, Kepala OPD, Petugas Lapangan dan lainnya yang telah melakukan perjalanan kedaerah terdampak atau zona merah. Termasuk bagi mereka yang menjalankan tugas bersentuhan dengan orang banyak," katanya.

Novirman menyebutkan, pada Jumat (29/5/2020) baru 61 orang yang dilakukan pengambilan sampel swab. Namun, diperkirakan masih ada tambahan dari beberapa OPD yang akan dilakukan pengambilan sampel swabnya, dihari berikutnya termasuk juga beberapa kepala OPD yang belum hadir. "Dari 61 orang yang diambil sampel swabnya, 51 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 10 orang lainnya merupakan perempuan," katanya.

Pihaknya, berharap hasil dari pemeriksanaan laboraturium nanti tidak ditemukan penambahan hasil terinfeksi positif Covid-19 di daerah ini. Selain itu, uji swab dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di Solsel. Pengujian swab ini tidak saja dilakukan bagi mereka yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Baca Juga : Tim Kukerta Mahasiswa UNRI di Lembah Melintang Buat Handsanitizer dari Jeruk Nipis
Baca Juga : Wantimpres Minta Perlu Adanya Sanksi Kuat agar Covid-19 Tak Dianggap Biasa

Menurutnya, orang yang melakukan perjalanan ke daerah zona merah juga perlu dilakukan tes swab. Karena, mereka bisa menjadi carier atau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bisa menjadi media penghantar virus Covid-19 kepada orang lain. "Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 perlu dilakukan pengujian swab terhadap mereka yang telah melakukan perjalanan ke daerah zona merah ini," jelasnya. (*)

Reporter : Jefli Bridge /  Editor : Agoes Embun
Tags
Corona
Ikuti kami di