Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

Pilkada saat Pandemi, KPU Pessel akan Tambah Anggaran

Pilkada saat Pandemi, KPU Pessel  akan Tambah Anggaran
Epaldi Bahar 

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan masih menunggu instruksi dari KPU pusat terkait penambahan anggaran dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di daerah itu.

Ketua KPU Kabupaten Pessel, Epaldi Bahar mengatakan secara keseluruhan anggaran penyelenggaran pemilu di daerah setempat mencapai Rp35,5 miliar dan jika terdapat peluang penambahan maka hanya untuk pengadaan alat pelindung diri.

"Kami masih menunggu instruksi apakah penambahan anggaran penyelenggaraan pemilu cukup di pusat atau juga di daerah," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Sabtu (30/5).

Menurutnya material yang dibutuhkan dalam penyelenggaran pilkada tahun ini berbeda jika dibanding tahun sebelumnya, karena diperlukannya masker, sarung tangan, cairan disinfektan dan lainnya guna mencegah paparan COVID-19.

Baca Juga : Mendikbud: Pembelajaran Jarak Jauh Bisa Permanen Seusai Pandemi Covid-19
Baca Juga : 28 Hari Nihil Positif, Dharmasraya Menuju Zona Hijau Covid-19

"Beberapa rangkaian penyelenggaraan pemilu memang tidak bisa dilepaskan dari masker, sarung tangan dan lainnya guna memberi rasa aman kepada personel pelaksana seperti pada tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dan kegiatan lain," jelasnya lagi.

Kendati demikian lanjutnya pihaknya terus memperkuat sosialisasi akan pentingnya mengikuti protokol COVID-19 ke seluruh jajaran sehingga paparan virus Corona jenis baru tersebut bisa dicegah. Terkait akan dimulainya lanjutan tahapan pilkada pada 15 Juni mendatang maka petugas adhoc yang telah dilantik akan mulai bertugas seperti biasa.

"Sosialiasi terus kami perkuat baik langsung maupun daring, sejauh ini respon dan pelaksanaanya cukup baik, ke depan sosialisasi juga akan diperkuat ke para pemilih karena kami mau tidak mau juga berhadapan dengan mereka," katanya lagi.

Sementara, sebutnya pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 berdasarkan hasil Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI bersama Kementerian Dalam Negeri, KPU, Badan Pengawas Pemilu, dan DKPP.(*)
 

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Nova Anggraini
Ikuti kami di