Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

WNA Asal Irlandia di Sumbar Positif Covid-19 Sempat Berpindah Hotel, Wagub: Kok Bisa

WNA Asal Irlandia di Sumbar Positif Covid-19 Sempat Berpindah Hotel, Wagub: Kok Bisa
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Ist 

HARIANHALUAN.COM -- Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Irlandia dilaporkan positif Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) pada Minggu (31/5/2020).

Wakil Gubernur Nasrul Abit pun heran dengan keberadaan WNA tersebut di Sumbar. Pasalnya WNA yang dinyatakan positif ini masuk ke daerah Sumbar pada 22 April 2020 lalu bertepatan dengan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kita heran kenapa WNA ini bisa masuk ke Sumbar, padahal kita sedang PSBB dimana orang luar Sumbar dilarang keras masuk dengan pembatasan yang selektif," katanya.

Mirisnya, seorang warga dari Irlandia ini sempat beberapa kali pindah hotel sewaktu berada di Padang, tentu ini akan menyebabkan interaksi kontak yang banyak dan penyebaran virus Covid-19 tidak akan terkendali.

Terpisah, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, awalnya WNA asal Irlandia ini dilakukan penanganan isolasi secara mandiri, namun setelah merasa demam, sekarang yang bersangkutan sudah di rawat di Rumah Sakit Semen Padang Hospital.

Pria asal Irlandia tersebut berumur 41 tahun, pekerjaan swasta, diduga terpapar dari riwayat perjalanan. "Dengan terpaparnya WNA ini, maka Sumbar mencatatkan untuk pertama kalinya warga asing terkonfirmasi positif sejak dilaporkan kasus positif di Sumbar," katanya.

Berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab dr Andani Eka Putra, dari 1.558 sample yang diterima dan diperiksa, maka didapatkan 15 orang terkonfimasi positif virus Corona atau Covid-19 termasuk di dalamnya satu orang warga asing. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Ikuti kami di