Cetak ASN Berkarakter Pancasila, Puan Maharani: Mereka Adalah Wajah Pemerintah

Milna Miana
- Sabtu, 11 September 2021 | 07:24 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tengah berlangsung, jutaan orang sedang berkompetisi untuk menduduki posisi sebagai pelayan rakyat. Yang perlu diperhatikan ialah bahwa kini transformasi SDM pelayanan publik tengah dikedepankan, menguatkan ASN yang berkarakter Pancasila.

Pasalnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) berperan penting dalam pengelolaan pembangunan nasional. Sederet keputusan strategis, dari merumuskan kebijakan di berbagai sektor sampai pada implementasinya dilaksanakan oleh ASN.

Baca Juga: Jamiluddin Ritonga: Puan dan Ganjar Minim Prestasi Nasional

Untuk memenuhi peran tersebut perlu sosok ASN profesional yang tak hanya mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya, tetapi juga memiliki core value “Berakhlak”, yakni Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif.

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta employer branding yang diluncurkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk aparatur sipil negara (ASN) tersebut menjadi era baru bagi pelayanan publik.

Baca Juga: Mengingat Sepak Terjang Puan Maharani di Ulang Tahun ke-48

ASN adalah wajah pemerintah di pelayanan masyarakat. Jadilah wajah yang solutif, ramah, dan memberi kemudahan dalam pelayanan,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang dikirimkan Sekretariat PIS.

Eks Menko PMK tersebut memahami, tidak mudah untuk membangun ASN dan pegawai pemerintah yang memiliki jiwa melayani. Dalam praktiknya nilai-nilai ini membutuhkan waktu, secara perlahan tapi terus diupayakan.

Perubahan juga, lanjut dia, bisa dimulai dari hal sederhana, contohnya sambutan yang ramah dan layanan yang memudahkan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Menlu: Jangan Ada Kesenjangan Vaksin Antara Kita

Selasa, 30 November 2021 | 10:45 WIB

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Lagi Hingga 13 Desember 2021

Selasa, 30 November 2021 | 06:50 WIB

Kementerian Agama Kukuhkan 50 Duta Harmoni Madrasah

Senin, 29 November 2021 | 23:30 WIB
X