Mulyanto: Pemerintah Jangan Anggap Enteng Varian Baru Covid-19

- Selasa, 14 September 2021 | 09:23 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto minta pemerintah mewaspadai terhadap penyebaran varian baru Covid-19. Pemerintah jangan lengah dan menganggap enteng terhadap munculnya varian baru tersebut.

"Kita tidak ingin mengulang kesalahan seperti merebaknya varian delta, yang dianggap remeh sehingga kebobolan. Akibatnya banyak korban berjatuhan dan anggaran besar negara yang terserap," kata Mulyanto dalam keterangannya kepada Harianhaluan.com, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Mulyanto: Pemerintah Jangan Salah Fokus Kembangkan Vaksin

Dia mengingatkan, kali ini pemerintah harus lebih serius mengantisipasi kemungkinan masuk dan tersebarnya varian baru tersebut. Jangan sampai rakyat menjadi korban lagi.

Anggota Komisi VII DPR itu minta pemerintah segera melakukan riset secara cermat terhadap karakteristik varian baru ini agar dapat diketahui dan dibuat agenda aksi pencegahan.

Baca Juga: Curi Perhatian! Alat Deteksi Covid-19 Gunakan Keringat Ketiak, Ini 4 Faktanya

"Yang utama adalah pencegahan di pintu-pintu masuk bandara internasional. Jangan sampai terlambat atau lolos masuk tanpa terdeteksi," tegas politisi PKS itu.

Selain itu Mulyanto minta pemerintah menugaskan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan jaringan laboratoriumnya  melakukan penelitian untuk mendeteksi pola penyebaran varian baru ini.

"Selama ini jaringan laboratorium uji whole genome sequencing (WGS) mampu mendeteksi penyebaran varian covid-18 yang telah ada di Indonesia," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Tak Ada Level 4, PPKM Wilayah Jawa-Bali Diperpanjang Lagi

Selasa, 21 September 2021 | 03:05 WIB
X