Warga Cirebon Geger, Ratusan Burung Pipit Mati Berjatuhan

- Selasa, 14 September 2021 | 15:17 WIB
Ratusan burung pipit mati berserakan di Cirebon (Foto: Instagram @undercover.id)
Ratusan burung pipit mati berserakan di Cirebon (Foto: Instagram @undercover.id)

CIREBON, HARIANHALUAN.COM - Sebuah video viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @undercover.id, ratusan ekor burung pipit mati terkapar di area Kantor Balai Kota Cirebon.

Fenomena aneh dari langit tersebut membuat geger warga Cirebon. Burung pipit berserakan di jalanan dan tepat di bawah pohon. Kota Cirebon sebelumnya diguyur hujan deras pada Selasa (14/9/2021).

Dalam video tampak sebagian dari burung ada yang masih bergerak, namun sebagian besar sudah mati.

Belum jelas penyebab kematian burung pipit tersebut. Namun banyak warganet menduga jika itu akibat chemtrail atau zat senyawa kimia asam yang sengaja dilepaskan di udara.

"Chemtrail? Secara ngeliat kayak ikan di laut, kalo mancing pake pukat langsung dapat banyak #cmiiw????," tulis pemilik akun @kangtjuanki, dikutip dari Okezone, Selasa (14/9/2021).

"Cemtrail kah?" tanya akun @ramdan7100.

Sebelumnya, peristiwa serupa juga terjadi di Bali belum lama ini. Ribuan burung pipit mati berjatuhan di wilayah Setra Br Sema Pring, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Kamis, 9 September 2021 lalu.

Ribuan burung pipit hitam yang terkapar ini ditemukan dekat area persawahan. Seperti yang terlihat dalam unggahan video di Instagram @bali.terkini, tampak sebagian besar burung pipit sudah tidak bergerak. Namun, ada juga yang masih bergerak dan bisa berdiri.

Peristiwa ini diduga terjadi karena cuaca buruk di wilayah itu. Angin dan hujan yang cukup kencang membuat sayap burung pipit basah sehingga menambah beban burung dan akhirnya jatuh. Namun demikian, kebanyakan warganet meragukan dugaan tersebut. (*)

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Status Irjen Napoleon Ditentukan Pekan Depan

Sabtu, 25 September 2021 | 22:20 WIB

Hari Ini Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 2.137

Sabtu, 25 September 2021 | 19:45 WIB

Ini 7 BUMN yang Mau Dibubarkan Erick Thohir

Sabtu, 25 September 2021 | 19:30 WIB

Mana yang Mahal Harga BBM RI atau Malaysia?

Sabtu, 25 September 2021 | 18:22 WIB
X