Negara Kesejahteraan, BPIP: Masa Depan Indonesia ada di Desa

- Rabu, 15 September 2021 | 23:45 WIB
Ilustrasi. (Harianhalua.com0
Ilustrasi. (Harianhalua.com0

HARIANHALUAN.COM - Keberadaan desa di Indonesia dinilai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menjadi kian penting di masa depan. Desa adalah pusat peradaban yang akan mampu mewujudkan kepentingan warganya.

Baca Juga: Maksimalkan Potensi Nagari, Pesisir Selatan Bentuk Komunitas Desa Wisata

“Saat ini, sudah banyak desa yang menunjukkan contoh-contoh terbaik dalam pengelolaan wewenang dan sumber daya. Fenomena ini memberikan bukti bahwa desa-desa di Indonesia merupakan masa depan Indonesia,” kata Kepala BPIP Yudian Wahyudi dalam keteranganya, Rabu (15/9/2021).

Dia mengatakan, saat ini ada banyak hal positif yang bisa dipelajari dari desa-desa di Indonesia. Mulai dari transparansi penggunaan dana desa, isu pemberdayaan masyarakat, hingga inovasi layanan.

“Desa-desa di Indonesia terus menunjukkan kemandirian dan inovasi yang mengembirakan dalam menggunakan dana desa, mendorong tumbuhnya inovasi, hingga meningkatkan layanan kependudukan bagi warganya,” kata Yudi seperti dilansir Okezone.com.

Tren positif, lanjut Yudian, tidak lepas dari pendampingan yang dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Menurutnya, Kemendes PDTT memiliki tradisi yang hebat dalam memberikan insentif penghargaan untuk desa-desa dengan prestasi terbaik. Kemendes PDTT juga memiliki pendekatan yang menarik, yang secara holistik mengembangkan desa dari berbagai sudut, seperti tangguh bencana dan mengarusutamakan Sustainability Development Goals (SDGs) ke kebijakan desa.

Dia menegaskan, tren perbaikan di tingkat desa yang sedang berlangsung akan mengubah cara pandang masyarakat. Tren perbaikan desa diyakini akan membuat publik melihat bahwa masa depan kehidupan berkualitas itu ada di desa, bukan lagi di kota.

Sementara itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar juga terus berikhtiar menguatkan desa-desa menjadi harapan masa depan Indonesia.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Status Irjen Napoleon Ditentukan Pekan Depan

Sabtu, 25 September 2021 | 22:20 WIB

Hari Ini Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 2.137

Sabtu, 25 September 2021 | 19:45 WIB

Ini 7 BUMN yang Mau Dibubarkan Erick Thohir

Sabtu, 25 September 2021 | 19:30 WIB

Mana yang Mahal Harga BBM RI atau Malaysia?

Sabtu, 25 September 2021 | 18:22 WIB
X