Ini 3 Sosok Perempuan Indonesia di Bawah Kepemimpinan Jokowi, Penasaran?

- Kamis, 16 September 2021 | 07:55 WIB
Menkeu Sri Mulyani.
Menkeu Sri Mulyani.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dalam kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo terdapat sosok perempuan yang mampu menjadi pemimpin sebuah lembaga dan menteri. Mereka memiliki kemampuan yang mampu mengharumkan nama Indonesia di dalam dan luar negeri. Siapa saja sosok tersebut?

Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, menjadi salah satu sosok perempuan yang mampu menunjukkan sebagai pemimpin.

Baca Juga: Sri Mulyani Tambah 'Belanja' Prabowo Jadi Rp133 Triliun, Ini Alasannya

Begitu lulus dari jurusan Hubungan Internasional UGM, Retno langsung lolos beasiswa master dari Kementerian Luar Negeri yang kemudian menjadi lembaga yang membesarkan namanya.

Di usia 30 tahun, Retno sudah ditunjuk menjadi diplomat di Australia. Saat itu, ia dipercaya untuk menjelaskan isu-isu pembantaian warga Timor Leste di Santa Cruz, Dili. Insiden itu sempat diwarnai dengan isu-isu yang memojokkan Indonesia.

PuanBaca Juga: Puan Maharani: Sudah Saatnya Perempuan Indonesia Unjuk Gigi dalam Berpolitik

Kerja keras Retno di Kementerian Luar Negeri berbuah manis. Tahun 1997, ia ditunjuk menjadi sekretaris bidang ekonomi di Kedubes Indonesia di Den Haag, Belanda.

Setelah itu, berbagai jabatan di Kemenlu sempat ia emban. Mulai dari Direktur Eropa dan Amerika, Dubes Indonesia untuk Norwegia dan Islandia, hingga Dirjen Eropa dan Amerika yang bertanggung jawab mengawasi hubungan Indonesia dengan 82 negara di dua benua itu. Sebelum menjadi Menlu, ia merupakan Dubes Indonesia untuk Belanda.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

PeduliLindungi Hadir di Dompet Digital DANA

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:30 WIB

Ini Nama 17 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:00 WIB

LRT Alami Kecelakaan saat Uji Coba di Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:41 WIB

Kabar Gembira! Upah Minimum 2022 Bakal Naik

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:22 WIB

Anies hingga Mendagri Digugat ke PTUN, Apa Sebabnya?

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:12 WIB
X