Jamiluddin Ritonga Sebut Gibran Belum Layak Maju di Pilgub DKI Jakarta

- Kamis, 16 September 2021 | 13:57 WIB
Jamiluddin Ritonga
Jamiluddin Ritonga

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berbagai pihak mendorong Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Jokowi yang kini menjadi Wali Kota Solo untuk maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta pada 2024.

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menilai dorongan tersebut untuk saat ini tampaknya berlebihan. Alasannya, Gibran belum lama menjadi Wali Kota Solo dan prestasinya pun hingga saat ini belum terlihat.

Dengan kinerja Gibran masih seperti saat ini, tampaknya berisiko mendorongnya maju Pilgub DKI Jakarta. Karena kapasitas Gubernur DKI Jakarta idealnya setara menteri.

Baca Juga: Diproduksi Pertengahan 2022, Harga Vaksin Merah Putih Dipatok Rp71.000

"Kapasita Gibran untuk Wali Kota Solo saja masih perlu diuji. Gibran harus mampu membuktikan dahulu kinerjanya yang luar biasa sebagai wali kota," kata Jamil, Kamis (16/9/2021).

Menurut Jamil, biarkan saja Gibran menata kota Solo hingga berakhir masa baktinya sebagai wali kota. Dari situlah akan terlihat layak tidaknya Gibran bertarung pada pilgub DKI Jakarta.

Jamil juga menilai peluang Gibran untuk maju dalam Pilgub Jawa Tengah juga sama. Gibran harus menunjukkan dulu kinerjanya di Solo.

"Kalau dipaksakan, hal itu tidak akan baik bagi Gibran sendiri. Ia didorong-dorong untuk posisi tertentu yang tidak sesuai kapasitasnya. Itu namanya mendorong Gibran ke jurang," nilai Jamil.

PDIP sendiri menurut Jamil, tentu punya banyak kader yang layak dicalonkan pada Pilgub DKI Jakarta. Djarot Saiful Hidayat tentu masih layak untuk mencoba keberuntungan pada tahun 2024.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Akui Bersalah, Rachel Vennya Siap Terima Sanksi

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Industri Media Didorong Perhatikan Kualitas Konten

Senin, 18 Oktober 2021 | 04:05 WIB

Terpopuler

X