Benarkah Pesawat Rimbun Air Jatuh Ditembak OPM? Ini Penjelasan Pemkab Intan Jaya

- Jumat, 17 September 2021 | 12:26 WIB
Puing pesawat kargo Rimbun Air Cargo seri Twin Otter 300 PK-OTW terlihat di Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9). ANTARA FOTO/HO/Dok Humas Polda Papua
Puing pesawat kargo Rimbun Air Cargo seri Twin Otter 300 PK-OTW terlihat di Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9). ANTARA FOTO/HO/Dok Humas Polda Papua

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beredar kabar yang menyatakan bahwa pesawat Rimbun Air PK-OTW mengalami kecelakaan karena ditembak oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Menanggapi hal itu, Pemkab Intan Jaya memberikan klarifikasi.

Pemkab Intan Jaya membantah bahwa jatuhnya pesawat tersebut murni karena adanya cuaca buruk.

Baca Juga: Simak! 5 Fakta Terkini Jatuhnya Pesawat Rimbun Air di Papua

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupatan Intan Jaya, Yoakim Mujizau meminta kepada seluruh pihak untuk tidak membangun opini kalau pesawat itu jatuh karena ditembak oleh TPNPB-OPM.

"Ini sama sekali tidak benar. Kecelakaan pesawat ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan TPNPB-OPM," kata Yoakim.

Baca Juga: Jatuh dari Ketinggian 2.400 Meter, Pesawat Rimbun Air Hancur dan Terbakar

Yoakim menegaskan kalau pesawat tersebut jatuh karena faktor cuaca ekstrim yang terjadi saat hendak mendarat di Bandara Bilogai. Menurutnya kala itu terjadi awan gelap dan terdapat satu pesawat lainnya yang tengah terparkir di Bandara Bilogai.

Dalam situasi tersebut, pilot memilih untuk memutar balik guna memastikan kondisi pendaratan aman.

"Tampaknya begitu dia hendak kembali ingin mendarat masih dalam kondisi cuaca gelap, pesawat menabrak gunung dan pohon lalu nyungsep ke tanah sehingga kondisi pesawat saaat ditemukan, moncong pesawat tertanam cukup dalam di dalam tanah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

Akui Bersalah, Rachel Vennya Siap Terima Sanksi

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Terpopuler

X