Informasi Pendaftaran 'Vaksin Nusantara' dr Terawan Ternyata Hoaks

- Jumat, 17 September 2021 | 14:47 WIB
Eks Menkes Terawan
Eks Menkes Terawan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beredar kabar media sosial dan pesan berantai di WhatsApp mengenai pendaftaran 'vaksin Nusantara' besutan eks Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Informasi tersebut mengajak warga yang ingin menerima 'vaksin Nusantara' melengkapi data diri untuk divaksinasi dengan teknologi dendritik yang diklaim ampuh melawan semua varian Corona termasuk varian Lambda hingga Delta Plus.

Dalam keterangan ajakan tersebut, publik diimbau mendaftar ke salah satu peneliti vaksin Nusantara yaitu Prof Chairul A Nidom. Faktanya, pesan berantai tersebut bukan berasal dari yang bersangkutan.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Indonesia Ini Ternyata Pernah Disuntik Vaksin Nusantara Terawan

"Bukan berasal dari saya, saya tidak tahu siapa yang membuat kemudian dikaitkan dengan nama dan nomor handphone saya," tegas dia saat dikutip dari detik.com, Jumat (17/9/2021).

Meski begitu, Prof Nidom mengaku banyak masyarakat yang mulai menanyakan kapan bisa menerima 'vaksin Nusantara'. Sebab, uji klinis sel dendritik diklaim sudah memasuki fase tiga dan tinggal menuju persetujuan dari pemerintah.

Baca Juga: Corona Kian Mengganas, Sultan Minta Pemerintah Libatkan Siti Fadilah dan Terawan

"Dari situ saya berinisiatif menampung bukan mendaftar, informasi diri mereka. Jika suatu saat ada izin atau restu pihak-pihak otoritas negara ini, tinggal pelaksanaan lapangan," jelas dia.

"Sebagaimana diketahui vaknus sifatnya autologus, tapi tekniknya bisa dilakukan di mana saja," tutur Prof Nidom.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto juga menegaskan belum membuka pendaftaran 'vaksin Nusantara'.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: detik.com

Tags

Terkini

Akui Bersalah, Rachel Vennya Siap Terima Sanksi

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Terpopuler

X