Gaji Perempuan Lebih Rendah Daripada Laki-Laki, Puan: Negara Tak Mungkin Maju Kalau Perempuannya Tertinggal

- Sabtu, 18 September 2021 | 22:31 WIB
foto ilustrasi gaji (pixabay)
foto ilustrasi gaji (pixabay)

 

HARIANHALUAN.COM - Kesenjangan gender masih terjadi di dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari besaran gaji perempuan yang cenderung lebih kecil. Dalam banyak kasus, perempuan dibayar lebih rendah untuk pekerjaan yang sama dengan laki-laki.

Selain pandemi Covid-19, faktor lain yang membuat kesenjangan tersebut kian lebar adalah kenyataan bahwa hingga kini laki-laki masih mendominasi posisi atau jabatan tinggi dalam suatu perusahaan.

Hal tersebut semakin berdampak pada ketimpangan pendapatan antara perempuan dan laki-laki. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi memaparkan laporan International Labour Organization (ILO) terkait ketimpangan ini.

Data ILO menyebutkan, pekerjaan bergaji tinggi di Indonesia lebih banyak dikuasai oleh pria daripada perempuan. Hanya sekitar 30% posisi manajerial atau supervisory yang diduduki oleh perempuan.

“Sedikit sekali yang sampai ke posisi direksi, bahkan di posisi yang sama dan dengan tingkat pendidikan yang sama. Penghasilan karyawan perempuan lebih rendah 23% dibandingkan rekan kerja mereka yang laki-laki,” kata Inarno dalam sebuah seminar daring.

Hal tersebut sejalan dengan laporan The Conversation yang menyebutkan, perempuan Indonesia, terutama yang berusia di bawah 30 tahun, mengalami perbedaan pendapatan yang signifikan bila dibandingkan dengan laki-laki.

Namun ketika perempuan telah mencapai usia di atas 30 tahun, dengan posisi manajerial di kantor, perbedaan ini kian menipis. Masalahnya, tak banyak perempuan yang bisa menembus ke posisi ini.

Sementara itu, berdasarkan data The Global Gender Gap Index 2020 dalam World Economic (WEP), Indonesia berada pada peringkat 85 dari 153 negara dengan tingkat partisipasi perempuan dalam dunia kerja.

Inarno menilai pencapaian tersebut masih sangat rendah dari yang seharusnya. Dia menilai, perempuan juga memiliki potensi yang sama dengan pria dalam semua sektor bisnis.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

76.617 Pelajar Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:50 WIB

Wakil Presiden: Santri Bagian Penting dari MES

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:05 WIB

Puan: Santri Banyak Kontribusi untuk NKRI

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:35 WIB
X