Waduh! Akibat Polusi Udara, Orang Indonesia Kehilangan 2,5 Tahun Usia Harapan Hidup

- Minggu, 19 September 2021 | 09:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hidup di Ibukota memiliki segudang masalah. Mulai dari air bersih sampai polusi udara. Saat ini, polusi udara sangat sulit untuk dihindari.

Apalagi jika tinggal di kota besar yang ramai atau daerah tempat banyak pabrik di sekeliling tempat tinggal. Polutan mikroskopis di udara dapat menyelinap melewati pertahanan tubuh, menembus jauh ke dalam sistem pernapasan dan peredaran darah, merusak paru-paru, jantung, dan otak.

Baca Juga: Plt Kepala DLH Pesisir Selatan: Polusi Udara Bisa Ditimbulkan oleh Pembakaran Jerami

Tak hanya akibat lingkungan, polusi udara juga dikaitkan dengan perubahan iklim yang ekstrim. Pendorong utama perubahan iklim adalah pembakaran bahan bakar fosil yang juga merupakan kontributor utama pencemaran udara.

Efek kesehatan dari polusi udara sangat serius, di antaranya adalah stroke, kanker paru-paru, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kaukus Ekonomi Hijau DPR: Bahaya Polusi Udara Bisa Seperti Pandemi Corona

Menurut, Direktur Air Quality Life Index (AQLI) Kenneth Lee mengatakan, tingginya angka polusi udara akan berdampak terhadap angka harapan hidup masyarakat. Termasuk di Indonesia.

“Rata-rata orang Indonesia diperkirakan dapat kehilangan 2,5 tahun dari usia harapan hidupnya akibat polusi udara saat ini, karena kualitas udara tidak memenuhi ambang aman sesuai pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk konsentrasi partikel halus (PM 2.5),” kata Kenneth Lee dalam keterangan tertulisnya.

Ken mengungkapkan, berdasarkan data dari Energy Policy Institute di University of Chicago (EPIC), dampak kesehatan dari polusi udara paling besar terjadi di Depok, Bandung, dan Jakarta, di mana konsentrasi polusi udara adalah yang tertinggi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

76.617 Pelajar Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:50 WIB

Wakil Presiden: Santri Bagian Penting dari MES

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:05 WIB

Puan: Santri Banyak Kontribusi untuk NKRI

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:35 WIB
X