KPK Geledah Rumah SBY dan dan Temukan Uang Rp117 Triliun, Benarkah?

- Senin, 20 September 2021 | 10:05 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).  (Foto: Instagram @aniyudhoyono)
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto: Instagram @aniyudhoyono)

HARIANHALUAN.COM - Sebuah video yang diduga berisi pergerakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beredar di media sosial. Dalam video tersebut KPK menggeledah rumah mantan Presiden RI yang ke enam yakni Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY 

Dalam penggeledahan tersebut juga mengklaim bahwa KPK menemukan uang sejumlah 117 triliun.

Namun, ternyata klaim tersebut tidak benar. Video yang diunggah oleh kanal YouTube dengan nama Roda Politik itu hanya berisi pernyataan SBY pada beberapa momen.

Kemudian, salah satu cuplikan dalam video tersebut berisi pernyataan saat SBY singgung pemberitaan Asia sentinel.

Sementara itu, tak hanya berisi pernyataan SBY, video yang diunggah tersebut juga berisi cuplikan pernyataan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, yakni terkait permintaannya kepada KPK agar segera menyelesaikan kasus Century.

Dari sejumlah temuan hasil penelusuran tetsebut, dengan demikian informasi yang beredar di Facebook terkait KPK menggeledah rumah SBY itu dinyatakan tidak benar.

Sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten palsu atau hoaks, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Turn Back Hoax, Minggu, 19 September 2021.

Adapun dari berita terkahir, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) oknum pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Rabu, 15 September 2021 malam.

Firli Bahuri juga mengungkapkan OTT oleh lembaganya terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

PeduliLindungi Hadir di Dompet Digital DANA

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:30 WIB

Ini Nama 17 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:00 WIB

LRT Alami Kecelakaan saat Uji Coba di Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:41 WIB
X