Menteri LHK Buka Pelatihan Pengendalian Karhutla Bagi MPA Paralegal

- Senin, 20 September 2021 | 20:58 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membuka Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Masyarakat Peduli Api Berkesadaran Hukum (MPA Pralegal) Tahun 2021 secara daring
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membuka Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Masyarakat Peduli Api Berkesadaran Hukum (MPA Pralegal) Tahun 2021 secara daring

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membuka Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Bagi Masyarakat Peduli Api Berkesadaran Hukum (MPA Pralegal) Tahun 2021 secara daring, Senin, (20/9).

Pelatihan ini merupakan program berkesinambungan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020, kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dalam rangka meningkatkan kapasitas MPA Paralegal.

Pada Agustus 2020 dilaksanakan pelatihan di 12 desa dengan peserta 249 orang di 6 provinsi. Pada Tahun 2021 ini, pelatihan dilaksanakan di 28 desa dengan metode pelatihan disesuaikan dengan kondisi keterjangkauan jaringan internet setempat.

Baca Juga: Pantun Anggota Dewan Sebut Hendri Septa Ingin 'Jomblo' Pimpin Kota Padang

Sebanyak 12 desa akan dilakukan pelatihan secara blended learning, pada Learning Management System (LMS) KLHK, dan di16 desa yang tidak/belum terjangkau jaringan internet, pelatihan akan dilakukan secara classical on site.

“Untuk meningkatkan peran SDM dalam mendampingi masyarakat dalam upaya pengendalian karhutla secara utuh, diperlukan peningkatan kapasitas SDM pendamping dalam pemahaman menyangkut aspek kesadaran hukum masyarakat, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujar Menteri Siti.

Dengan pemahaman yang komprehensif tersebut, Siti berharap dapat terbentuk masyarakat berkesadaran hukum, yang menjadi salah satu bagian solusi permanen karhutla di tingkat tapak berbasis desa dengan peningkatan peran serta masyarakat.

“Berbagai kebijakan, program dan kegiatan di tingkat tapak memberikan pembelajaran dan pengalaman untuk berani dan konsisten melakukan corrective action pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” jelas Menteri Siti.

Dijelaskan, sejak tahun 2020 mulai disempurnakan langkah-langkah penanganan karhutla menuju solusi permanen dengan jalur penanganan dalam kontrol Satuan Tugas Karhutla di tiap tingkat atau strata pemerintahan, dari nasional hingga ke tingkat tapak.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Terpopuler

X