Ucapkan Selamat Ultah Buat Ponpes Parabek, Jamiluddin Ritonga: Anies Tunjukkan sebagai Pemimpin Nasional

- Senin, 20 September 2021 | 22:15 WIB
Jamiluddin Ritonga
Jamiluddin Ritonga

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyampaikan selamat ulang tahun ke 111 kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Sumatera Thawalib Parabek, di Sumatera Barat.

Ucapan selamat ulang tahun dari Anies itu dinilai pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga terasa istimewa, mengingat selama ini belum ada tokoh nasional, termasuk Presiden Joko Widodo, yang menyampaikannya.

"Padahal Ponpes Parabek sudah begitu banyak melahirkan tokoh terkemuka di Tanah Air ini," kata penulis buku Tipologi Pesan Persuasif itu kepada media ini, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Penerapan Prokes Mulai Kendor, Mulyanto: Pemerintah Jangan Abaikan Teguran WHO

Menurut Jamil, Anies tampaknya ingin mengingatkan kepada semua pihak untuk lebih peduli kepada Ponpes Parabek.

Meskipun dia tidak memimpin Sumatera Barat, tapi Anies dapat memantau suatu lembaga yang patut diapresiasi dan diberi atensi khusus.

"Jadi, Anies ingin menunjukkan dirinya sebagai pemimpin nasional, bukan lokal. Hal ini tampaknya akan direspon positif oleh warga Minang di mana pun berada," kata Dekan FIKOM IISIP Jakarta 1996 - 1999 itu.

Warga Minang kata Jamil, tampaknya akan lebih respek kepada Anies. Hal ini akan menjadi modal politik bagi Anies bila nantinya akan ikut bertarung pada Pilpres 2024.

"Warga minang tampaknya tidak akan keberatan memberikan suaranya kepada Anies," ucap pengajar Universitas Esa Unggul itu. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Terpopuler

X