Potensi Energi Terbarukan di Indonesia untuk Mengatasi Perubahan Iklim

- Rabu, 22 September 2021 | 16:35 WIB
Salah satu energi terbarukan (Sumber gambar: walhisulsel.or.id)
Salah satu energi terbarukan (Sumber gambar: walhisulsel.or.id)

HARIANHALUAN.COM - Perubahan iklim merupakan masalah global serius. Jika dibiarkan, perubahan iklim dapat mengganggu kelangsungan makhluk hidup di muka Bumi. Dampak yang ditimbulkan tidak main-main. Melansir harianhaluan.com, dampak yang ditimbulkan dari perubahan iklim meliputi krisis sumberdaya alam, meningkatkan wabah penyakit, mengganggu kesehatan manusia, dan ancaman kelaparan.

Dilansir melalui harianhaluan.com, salah satu cara mengatasi perubahan iklim adalah dengan menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Penggunaan energi terbarukan tersebut, mengganti energi kotor yang selama ini digunakan, seperti batu bara dan bahan bakar fosil. Indonesia memiliki beberapa potensi energi terbarukan, yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong mengatasi perubahan iklim. Dilansir melalui beberapa sumber, berikut potensi energi terbarukan di Indonesia:

Tenaga Surya atau Matahari

Energi surya atau matahari telah mulai dimanfaatkan oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. Jika dimanfaatkan dengan tepat, sumber energi surya berpotensi mampu memenuhi kebutuhan konsumsi energi harian dunia, paling tidak dalam skala rumah tangga.

Potensi energi surya pada suatu wilayah sangat bergantung pada posisi antara matahari dengan kedudukan wilayah tersebut. Indonesia yang berada dalam garis khatulistiwa, mempunyai potensi energi surya yang besar sepanjang tahunnya. Maka sangat disayangkan, jika hal tersebut tidak atau belum dimanfaatkan.

Pemanfaatan energi surya dapat dilakukan secara langsung dengan membiarkan objek pada radiasi matahari, atau menggunakan peralatan yang mencakup kolektor dan konsentrator surya (panel surya).

Tenaga Air

Energi air merupakan salah satu sumber energi penghasil listrik terbarukan, yang telah banyak dimanfaatkan untuk menggantikan energi batu bara. Tiap gerakan air menghasilkan energi alami yang sangat besar, paling tidak untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam skala rumah tangga.

Beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air di Indonesia yaitu Waduk Cirata dan Waduk Saguling di Jawa Barat, PLTA Sulewana di Poso, PLTA Sigura-gura Samosir di Sumatera Utara, PLTA Musi di Bengkulu, PLTA Mrica di Banjarnegara, PLTA Asahan di Sumatera Utara, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: tagar.id, kemdikbud.go.id, IESR, artikel.rumah123.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pagi Ini, Semarang Diguncang Gempa Magnitudo 3,0

Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:45 WIB
X