Perlu Adanya Evaluasi Berkala Sistem Computer Assisted Test dalam Pelaksanaan SKD CASN

- Kamis, 23 September 2021 | 12:52 WIB
Pelaksaan tes SKD CPNS 2021 yang berlangsung di masa pandemi, begini aturan yang dikeluarkan Satgas Covid-19. (Menpan)
Pelaksaan tes SKD CPNS 2021 yang berlangsung di masa pandemi, begini aturan yang dikeluarkan Satgas Covid-19. (Menpan)



HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Ibnu Mahmud Bilalludin menilai perlu adanya evaluasi secara berkala untuk memperbaiki sistem pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) terutama terkait sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Harus ada evaluasi secara berkala untuk memperbaiki sistem penerimaannya mulai dari urutan tata kerjanya, baik alat fisik maupun non-fisiknya." tutur Anggota Komisi II DPR RI itu di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI meninjau pelaksanaan SKD CASN Tahun 2021 di Kantor Regional I BKN Yogyakarta, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya, kendati sudah berjalan dengan tertib dan teratur di tahun ini, ia ingin Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus berbenah agar memiliki sistem perekrutan yang lebih baik.

Bagi Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPR RI Ino, evaluasi secara berkala menjadi sangat penting guna membangun birokrasi mumpuni yang diisi oleh orang-orang yang kapabel. Tidak hanya itu, orang-orang dari hasil perekrutan tersebut harus bisa berkontribusi hingga pada tingkat tertinggi.

Menyoroti pelaksanaan SKD CASN berbasis CAT, ia ingin Badan Kepegawaian Negara (BKN) meningkatkan kualitas seleksi berbasis CAT. Harapannya, alat tes ini bisa turut dibangun untuk mencocokan antara kualifikasi SDM yang inginkan dengan kebutuhan organisasi yang dimiliki. "Jangan sampai ada deviasi." tegas Ibnu.

Dengan ditingkatkan kualitas seleksi berbasis CAT tersebut, legislator dapil DI Yogyakarta itu ingin melihat dampak dalam lima atau sepuluh tahun ke depan apakah hasil saringan dari penggunaan tes berbasis CAT menunjukan performa yang sesuai dengan harapan. (*)

Editor: Jefli Bridge

Sumber: dpr.go.id

Tags

Terkini

Terpopuler

X