Refleksi Hari Tani Nasional 2021: Mengapa Anak Muda Indonesia Tidak Ingin Menjadi Petani

- Jumat, 24 September 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi petani (sumber gambar: Pixabay.com)
Ilustrasi petani (sumber gambar: Pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM Hari Tani Nasional diperingati setiap tangal 24 September. Dikutip melalui laman resmi Serikat Petani Indonesia yaitu spi.or.id, tema Hari Tani Nasional 2021 yaitu “Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Penguatan Kebijakan Reforma Agraria untuk Menegakkan Kedaulatan Pangan dan Memajukan Kesejahteraan Petani dan Rakyat Indonesia.

Indonesia Terancam Mengalami Krisis Regenerasi Petani di Masa Depan

Hari Tani Nasional harus menjadi momentum serius bagi pemerintah untuk refleksi, terkait permasalahan pertanian yang ada di Indonesia. Apalagi mengingat, Indonesia merupakan negara agraris, yang banyak pemasukannya ditopang oleh sektor pertanian.

Salah satu masalah pertanian yang dihadapi Indonesia adalah ancaman krisis regenerasi petani. Dilansir melalui katadata.co.id, data Bank Dunia menunjukkan, bahwa proporsi penduduk yang bekerja sebagai petani menyusut menjadi 28,5% pada tahun 2019. Padahal, tiga dekade sebelumnya jumlahnya mencapai 55,5% dari total angkatan kerja. Artinya, terdapat penyusutan jumlah petani hampir setengah persentase, dalam tiga dekade.

Data ancaman krisis regenerasi petani yang lain ditunjukkan Presiden Jokowi. Beliau mengungkapkan, sangat sedikit petani Indonesia yang berasal dari kalangan anak muda.

Sebanyak 71 persen petani Indonesia berusia 45 tahun ke atas, dan hanya 29 persen yang berada di bawah 45 tahun. Dilansir melalui kumparan.com, hal tersebut diungkapkan Jokowi dalam membuka pelatihan petani, yang digelar Kementerian Pertanian (Kementan) pada Jumat (6/8).

Tidak berlebihan jika Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprediksi, Indonesia tak lagi mempunyai petani dalam 42 tahun mendatang, bila tren tersebut terus berlanjut.

"Mungkin pada 2063 tidak ada lagi yang berprofesi sebagai petani seperti yang kita kenal," ujar Plt Direktur Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas Mia Amalia dalam webinar “Sistem Pangan dan Perencanaan Kota” pada Selasa, 23 Maret 2021, dikutip melalui katadata.co.id.

Mengapa Anak Muda Tidak Ingin Menjadi Petani

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: Tirto .id, Kumparan.com, harianhaluan.com, katadata.co.id, spi.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

76.617 Pelajar Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:50 WIB

Wakil Presiden: Santri Bagian Penting dari MES

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:05 WIB

Puan: Santri Banyak Kontribusi untuk NKRI

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:35 WIB
X