Pasang Surut Hubungan Jokowi dan Puan Maharani, Antara Persahabatan dan Profesionalisme

- Jumat, 24 September 2021 | 17:00 WIB
Jokowi dan Puan Maharani
Jokowi dan Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Meski sempat diterpa isu kurang sedap tentang keretakan hubungan, nampaknya kedekatan Puan Maharani dan Joko Widodo tak terganggu. Hubungan mereka justru terlihat semakin berkembang, menyesuaikan peran masing-masing, saling mengisi dan melengkapi.

Baru-baru ini, tepatnya pada Selasa, 21 September 2021, Presiden Joko Widodo mengajak Ketua DPR RI Puan Maharani untuk meresmikan pabrik industri baja Hot Strip Mill 2 milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Kota Cilegon Provinsi Banten.

Baca Juga: Ditanya Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir, Ini Jawaban Jokowi

Jokowi dengan santai menyupiri Puan naik mobil golf saat hendak berpindah dari pabrik ke lokasi konferensi pers. Sedangkan di kursi belakang duduk pula Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir yang ikut menghadiri acara tersebut.

Tak hanya itu, mereka juga sempat meninjau lokasi vaksinasi siswa sekolah di Kota Serang, Banten. Ketika meninjau di SMA 4 Kota Serang, Presiden Jokowi bahkan mempersilakan Puan memberikan pertanyaan kuis kepada para siswa dengan hadiah berupa sepeda.

Baca Juga: Puan: Posisi Perempuan dalam Peta Perpolitikan Semakin Luas

Presiden dan Ketua DPR terlihat kompak bekerja bersama, sambil menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatan mereka masing-masing.

Menurut pakar politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi, kehadiran langsung Puan Maharani saat kunjungan kerja Jokowi ke Provinsi Banten adalah hal yang penting bagi kerja pengawasan DPR kepada pemerintah.

Ari Junaedi menilai observasi langsung DPR terhadap kinerja pemerintah perlu dilakukan, di samping lewat laporan dan data yang tersedia.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

76.617 Pelajar Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:50 WIB

Wakil Presiden: Santri Bagian Penting dari MES

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:05 WIB

Puan: Santri Banyak Kontribusi untuk NKRI

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:35 WIB
X