Jamiluddin Ritonga Sarankan Presiden Jokowi Akomodir Aspirasi BEM SI

- Jumat, 24 September 2021 | 17:06 WIB
Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritongan
Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritongan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengakomodir aspirasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia untuk mengangkat 56 pegawai KPK yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Sebab, aspirasi mahasiswa pada umumnya didorong oleh idealismenya, bukan kepentingan politik praktis," kata pengajar Universitas Esa Unggul itu dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Ucapkan Selamat Ultah Buat Ponpes Parabek, Jamiluddin Ritonga: Anies Tunjukkan sebagai Pemimpin Nasional

Sehari sebelumnya, Aliansi BEM se-Indonesia bersama Gerakan Selamatkan KPK (Gasak) meminta Presiden Jokowi untuk segera bersikap dan mengangkat 56 pegawai KPK yang tidak lulus TWK diangkat menjadi ASN.

Bahkan, mereka mengultimatum akan melakukan aksi turun ke jalan jika Presiden Jokowi tidak mengangkat Novel Baswedan Cs menjadi ASN dalam waktu 3x24 jam.

Baca Juga: Jamiluddin Ritonga Sebut Gibran Belum Layak Maju di Pilgub DKI Jakarta

Menurut Jamil, BEM SI selama ini juga selalu melakukan pengkajian sebelum menyampaikan aspirasinya. Mereka lebih melihat suatu persoalan dalam bingkai untuk kebaikan bangsa dan negara.

"Jadi, ultimatum BEM SI itu tentu didasari dari keprihatinan atas hasil TWK penyidik KPK yang kontroversial. Pegawai KPK yang selama ini sudah teruji integritasnya justeru tidak lulus TWK. Hal itu membuat pertanyaan sebagian besar anak bangsa, termasuk BEM SI," kata Jamil.

Dekan FIKOM IISIP Jakarta 1996 - 1999 itu mengatakan, BEM SI tentu khawatir terhadap KPK bila pegawai terbaiknya dipecat melalui hasil TWK yang kontroversial.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

76.617 Pelajar Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:50 WIB

Wakil Presiden: Santri Bagian Penting dari MES

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 05:05 WIB

Puan: Santri Banyak Kontribusi untuk NKRI

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:35 WIB
X