Belajar dari Kasus di China, Ketahui Bahaya Fenomena Revenge Travel Saat Pandemi Belum Terkendali

- Sabtu, 25 September 2021 | 14:44 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pantai Sanur dan Kuta dipenuhi wisatawan pada akhir pekan minggu lalu seiring dengan penurunan level PPKM dari level 4 menjadi 3. Industri pariwisata pun mulai menggeliat, namun pemulihan ekonomi ini masih dibayangi oleh bahaya penyebaran virus Covid-19.

Peningkatan mobilitas dan aktivitas masyarakat tersebut dikhawatirkan mengarah ke fenomena revenge travel, yang baru-baru ini juga sempat disebut-sebut oleh tokoh politik di Indonesia.

Baca Juga: Pantai Sanur di Buka Kembali, Puan Maharani: Harus Tetap Hati-hati

Para pakar pun mengungkapkan kekhawatiran yang sama. Ahli epidemiologi dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane, mengaku khawatir terjadi revenge travel akibat pembatasan ketat selama beberapa bulan yang menyebabkan perasaan euforia atau bebas.

Meski demikian, Pane menjelaskan bahwa fenomena tersebut umum terjadi, terutama ketika kita tersandera kesibukan sampai jenuh kita ingin balas dendam. Yang menjadi permasalahan adalah risiko penularan virus menjadi lebih tinggi dengan adanya kerumunan akibat revenge travel.

Baca Juga: Pariwisata Bali Mulai Menggeliat, Waspadai 'Revenge Travel'!

Pane mengatakan jika protokol kesehatan diterapkan secara optimal, tentu risiko transmisi bisa ditekan. Namun, pengawasan pada kerumunan kerap menjadi tantangan.

Revenge travel, lanjut dia, tak akan menjadi masalah ketika dibarengi dengan kelengkapan persyaratan perjalanan dan protokol kesehatan yang ketat dan dilakukan dengan disiplin. Masalah utamanya, siapa yang mengawasi atau mengontrol kerumunan yang tercipta ini.

Hal senada diungkapkan Ketua Satgas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban. Dia menyebutkan bahwa pelonggaran aktivitas masyarakat selama PPKM membuat mereka ingin sekali melakukan perjalanan wisata.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

PeduliLindungi Hadir di Dompet Digital DANA

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:30 WIB

Ini Nama 17 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:00 WIB

LRT Alami Kecelakaan saat Uji Coba di Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:41 WIB
X