Ingat! Konten Kreator Wajib Daftarkan Kekayaan Intelektual

- Minggu, 26 September 2021 | 07:47 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pada era digital, masyarakat kerap melakukan pembuat konten untuk memproduksi sesuatu. Guna melindungi hak mereka salah satunya upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan mendaftarkan produk itu.

Kondisi ini mendorong Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM, Daulat Pandapotan Silitonga, mengingatkan masyarakat.

Baca Juga: Warganet Protes Konten LGBT di Platform YouTube Kids

Para kreator konten digital diminta mendaftarkan kekayaan intelektual mereka, baik itu merek atau hak cipta pada Kementerian Hukum dan HAM sebelum memproduksi suatu karya.

“Tidak apa-apa, seperti UMKM sebenarnya kreativitas mereka yang melahirkan kekayaan intelektual namun mereka berpikir produk dikenal dulu masyarakat urusan pendaftaran merek misalnya, nanti saja," ujarnya dilansir dari Antara melalui Suara.com, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: 9 Juta Konten Terorisme Dihapus Facebook di Kuartal I 2021

Dia menambahkan, jangan sampai tiba-tiba ada pihak lain menyontek bahkan menggugat pemilik asli.

Menurut Daulat Pandapotan Silitonga, maka menjadi penting bagi direktorat tempatnya bekerja juga menggandeng berbagai pihak terkait, terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya pendaftaran kekayaan intelektual ini dalam rangka perlidungan bagi masyarakat.

“Terus perlu sosialisasi, diseminasi sehingga akhirnya orang paham dan sadar ada kekayaan intelektual yang harus didaftarkan dalam rangka perlindungan dan ada manfaat ekonomi di situ,” tutur dia.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

Penjualan Mobil Bekas Lesu di Sumbar, Ini 3 Alasannya

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:15 WIB

Indonesia jadi Host Formula E 2022

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:32 WIB

Polemik Pemilihan BPK, Siapa yang Salah?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:55 WIB

Terpopuler

X