Dukung Produktivitas, PLN Siap Pasok Listrik 65 MVA ke Kawasan Tambak Udang di Sulteng

- Minggu, 26 September 2021 | 11:39 WIB
Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda dalam acara Aquaculture Customer Gathering dan Penandatangan MoU antara PLN UIW Suluttenggo dengan Pengusaha Tambak Udang di Sulawesi Tengah.
Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda dalam acara Aquaculture Customer Gathering dan Penandatangan MoU antara PLN UIW Suluttenggo dengan Pengusaha Tambak Udang di Sulawesi Tengah.

PALU, HARIANHALUAN.COM - Potensi tambak udang di Provinsi Sulawesi Tengah diproyeksikan terus berkembang. Terlebih pemanfaatan lahan tambak potensial seluas 42.095 Ha baru mencapai 25 persen sejauh ini.

Peluang ini ditangkap PT PLN (Persero) dengan menyiapkan daya dan keandalan listrik yang mencukupi. Sejalan dengan program Electrifying Agriculture, PLN berkomitmen menyediakan suplai listrik bagi Petambak udang di Sulawesi Tengah. Melalui penandatanganan nota kesepahaman, PLN berkomitmen menyiapkan suplai listrik hingga 65 MVA.

Baca Juga: PLN Gandeng Jasindo Asuransikan Aset Kelistrikan Senilai US$ 25 Miliar

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda menyebutkan, dari kajian yang dilakukan, potensi kelistrikan bagi tambak udang di wilayah Toli Toli,  Luwuk, dan Palu mencapai 80 MVA. Namun untuk tahap awal, akan dilayani untuk PT. Esaputlii Prakarsa Utama, PT. Toiba Marindo Lestari, dan PT. Parigi Aquakultura Prima yang telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

“Saya berharap penandatanganan MoU ini bisa segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) dan pelaksanaan penyambungan tenaga listrik di lokasi pelanggan,” harap Huda dalam acara Aquaculture Customer Gathering dan Penandatangan MoU antara PLN UIW Suluttenggo dengan Pengusaha Tambak Udang di Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Dukung Pengentasan Kemiskinan, PLN Raih Penghargaan Best TJSL 2021 with Outstanding

Huda menjelaskan bahwa penandatangan MoU ini merupakan bentuk komitmen dan kesungguhan PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan khususnya pengusaha tambak udang di provinsi Sulawesi Tengah.

Huda pun berharap dengan penyambungan tenaga listrik pada lokasi tambak udang, akan menghadirkan efek domino terhadap pertumbuhan ekonomi di di provinsi Sulawesi Tengah. Terlebih melalui peningkatan pemberdayaan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Secara umum potensi kebutuhan listrik untuk tambak udang di wilayah kerja PLN UP3 Toli-Toli hingga 2024 mendatang mencapai 31,66 MVA, untuk daerah layanan UP3 Luwuk mencapai 45,56 MVA, dan daerah layanan UP3 Palu mencapai 8,97 MVA.

Secara umum sistem kelistrikan di Sulawesi saat ini disebut mempunyai daya mampu sebesar 2.487 MW, dengan cadangan daya 737 MW atau sekitar 29,63 persen. Komposisi pasokan daya tersebut 20,34 persen dipasok dari pembangkit Energi terbarukan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Terkini

Terpopuler

X