Erick Thohir Sebut 87,5 Persen UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

- Selasa, 28 September 2021 | 12:41 WIB
Erik Thohir
Erik Thohir


HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut sebanyak 87,5 persen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia terdampak akibat pandemi Covid-19. Sementara hanya 12,5 persen UMKM yang merasakan dampak kecil.

"Kalau kita lihat bagaimana sekarang tentu dengan adanya UMKM ini kita sangat terdampak. 87,5 persen terdampak hanya 12,5 persen yang mungkin tidak bisa tidak bilang terdampak ya tapi mungkin ada dampaknya cuman kecil," kata Erick Thohir dalam acara Talkshow Bangkit Bareng, Selasa (28/9).

Erick melanjutkan, dari total 12,5 persen UMKM yang mengalami dampak kecil sebagian mereka adalah yang berfokus kepada sektor-sektor masih bisa bertahan dari hantaman pandemi. Diantaranya pertanian dan perkebunan.

"Mungkin ada dampaknya cuma kecil. Karena mungkin mereka fokus kepada pertanian perkebunan dan lain-lain," ujarnya.

Selain itu mereka yang bertahan dari pandemi Covid-19 adalah UMKM yang didukung oleh transformasi digital. Misalnya saja seperti sektor elektronik mampu tetap tumbuh sekitar 24 persen.

Selain itu sektor UMKM makanan dan minuman juga masih mengalami pertumbuhan sebesar 100 persen, kesehatan 154 persen, dan hobi seperti games meningkat hingga 25 persen. "Games sekarang itu kan lagi meningkat juga. Cuma yang pasti kalau bisa game lokal lah jangan game asing terus," tandasnya. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Terpopuler

X