Pandemi jadi Endemi, Puan: Kita Optimis Bisa Hidup Berdampingan

Milna Miana
- Kamis, 30 September 2021 | 16:55 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2022. Namun, pandemi tak kunjung usai walaupun saat ini Indonesia mampu menangani lonjakan Covid-19 dengan cepat.

Begitu juga dengan tahun 2022, Indonesia diharapkan memiliki strategi dalam penanganan Covid-19. strategi yang sama akan dijalankan dengan memaksimalkan belanja negara untuk pendidikan, jaminan perlindungan sosial yang efisien dan transfer ke daerah yang berkualitas.

Baca Juga: Siapa Calon yang Pas untuk Dampingi Puan Maharani?

"Baik tahun ini atau tahun depan kita jaga belanja negara terutama untuk sektor prioritas dalam penanganan pandemi Covid-19," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Di tahun depan, pemerintah mulai akan mempersiapkan diri untuk memasuki transisi pandemi menjadi endemi. Sehingga program vaksinasi, penempatan protokol kesehatan dan fasilitas kesehatan akan diperkuat. Tak terkecuali menjaga kemampuan pengetesan (testing) dan pelacakan (tracing).

"APBN kita 2022 ini fokus tangani Covid-19 dan bagaimana kita bertransisi dari pandemi menjadi endemi," kata dia.

Baca Juga: Naiknya Elektabilitas Puan, Pengamat: Dia Punya Peran Penting

Berbagai bantuan sosial yang diberikan saat ini dan nanti diharapkan bisa membangkitkan kembali iklim usaha maupun investasi yang akan makin dilengkapi dengan SDM yang berkualitas. Untuk itu, saat ini kata Sri Mulyani, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim tengah merancang strategi peningkatan SDM yang berkualitas.

Alasannya, selama 1,5 tahun anak usia sekolah belajar dari rumah dan tidak melakukan pembelajaran tatap muka sehingga akan memiliki dampak jangka menengah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Dedi Mulyadi: Kajati Terima Suap Harus Dipecat

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:30 WIB

5 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Air

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:15 WIB

Picu Banjir, Warga Minta Tanggung Jawab PT Timah

Selasa, 18 Januari 2022 | 03:35 WIB
X