Peristiwa G30S, Hari Terkelam yang Membuat Bung Karno Berderai Air Mata

Milna Miana
- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tanggal 30 September selalu mengingatkan bangsa ini pada hari terkelam dalam sejarah pasca-kemerdekaan Indonesia. Peristiwa G30S menorehkan luka mendalam, baik bagi para keluarga jenderal yang menjadi korban, juga banyak rakyat Indonesia yang dibantai pasca G30S.

Tak hanya itu, 30 September 1965 juga menjadi hari penuh air mata bagi Presiden Pertama RI Soekarno. Peristiwa berdarah ini menguras habis energi kehidupannya, Soekarno kehilangan kawan karib, keluarga, rakyat, serta kekuasaan.

Baca Juga: 6 Fakta Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto dalam Film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’

Kesedihan Bung Besar mungkin tergambarkan lebih realistis dari kacamata anak ketiganya, Sukmawati Soekarnoputri. Pada Jumat pagi, 1 Oktober 1965, setelah malam berdarah itu, Sukmawati kecil sedang bersiap berangkat sekolah.

Tiba-tiba, pengasuhnya memanggil dan mengatakan hari itu dia tak boleh ke sekolah. Sebab, tersiar kabar dari Detasemen Kawal Pribadi, ada jenderal yang diculik.

Baca Juga: Profil 7 Tentara yang Diculik dan Dibunuh dalam Peristiwa G30S, Melibatkan Partai Komunis Indonesia (PKI)

Lewat penuturan Sukmawati, suasana pagi itu memang sangat sepi dan mencekam. Dari jendela dia intip, tak ada satupun ajudan ayahnya yang terlihat berkumpul di Istana. Ketika itu, hanya ada dia, Rahmawati, dan Guruh.

Tidak lama kemudian seorang ajudan menyuruh mereka berkemas untuk meninggalkan Istana, lalu diantar ke rumah Ibu mereka, Fatmawati, di Jalan Sriwijaya. Dari sana, Sukmawati dan saudaranya diminta menemui sang ayah di kawasan Halim.

Mereka pun akhirnya bertemu. Sukmawati yang masih kecil itu bahkan sudah bisa melihat tanda-tanda yang tak beres dari raut wajah ayahnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Airlangga Tegaskan KIB Belum Bahas Capres 2024

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:34 WIB

Airlangga: KIB Dibentuk untuk Pemilu Presiden

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:29 WIB
X