Sektor Pertanian dan Ketahanan Pangan Indonesia Mulai Tumbuh

Milna Miana
- Senin, 11 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi membuat semua sektor terpuruk. Alhasil, perekonomian Indonesia sempat goyang. Namun, Saat sektor lain terpuruk akibat pandemi Covid-19, pertanian justru tumbuh. Pertanian pun menjadi kunci untuk melawan Covid-19. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian bertekad menjaga ketahanan pangan.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan negara akan bermasalah apabila ketahanan pangan bermasalah.

Baca Juga: Menko Airlangga Dorong KUR untuk Sektor Pertanian dan Perikanan di Provinsi Maluku

"Kekuatan apapun yang kita miliki tidak bisa menjaga negara dengan baik, kalau ketahanan pangan kita bersoal," katanya.

Mentan SYL menambahkan, pangan tidak boleh bersoal.

"Artinya hitung-hitungan kita tidak boleh salah dan hitungan kita harus cermat, harus tepat dan harus akurat serta dapat memberikan informasi secara tepat dan berjenjang kepada masyarakat," katanya.

Baca Juga: Dukung Ketahanan Pangan Nasional, PLN Siap Pasok Listrik ke Kawasan Food Estate Kalteng

Secara tegas Mentan menekankan bahwa 273 jiwa penduduk di Indonesia tidak boleh lapar. Dijelaskannya, tantangan pertama adalah memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk yang harus dijaga dengan baik dan ini menjadi tugas yang paling utama bagi kami.

"Tantangan yang kedua, yaitu adanya alih fungsi lahan pertanian ke penggunaan non pertanian yang masih terus berlangsung saat ini, bahkan cenderung meningkat dan tugas kita mewujudkan kemandirian pangan dan kesejahteraan petani," ujar Mentan SYL.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X