Seorang Petani Kopi Arabika di Ujung Sumbar Sukses Tembus Pasar Eropa, Bersiap Penuhi Permintaan di Amerika

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:40 WIB
Petani Kopi Arabika di Solok Selatan, Sumbar (Harianhaluan.com)
Petani Kopi Arabika di Solok Selatan, Sumbar (Harianhaluan.com)

HARIANHALUAN.COM - Seorang Petani kopi di ujung provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang berbatasan dengan provinsi Jambi sukses tembus pasar Eropa dan tengah bersiap untuk memenuhi permintaan di benua Amerika yang bakal dipasarkan di negara terbit matahari Jepang dan negeri jiran Malaysia.

Berbekal usaha dan kegigihan dilahan seluas 2 haktare yang mulai dirintis sejak 2016. Pada awal-awal panen mengalami kendala dalam pemasaran kopi Arabika karena pangsa pasar dalam negeri dominan pada jenis Robusta.

Zikwan, Petani Kopi Sukses di Sumbar (Harianhaluan.com)

Dialah Zikwan, seorang petani kopi Arabika asal Golden Arm, Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan (Solsel).

Baca Juga: Solok Selatan Fasilitasi Pelaku UMKM dalam Penerbitan Label Halal dan Sertifikat Merek

"Alhamdulillah saat ini saya sudah mulai menikmati hasil jerih keringat dan usaha selama ini," kata Zikwan pada harianhaluan.com, Rabu (13/10/2021).

Zikwan mengatakan bahwa kopi Arabika Solsel yang ia proses mulai mendapatkan pasar di negara Norwegia setelah melewati proses uji sample yang dikirimkan ke benua Eropa tersebut.

"Ekspor perdana itu pada Agustus 2021 dengan volume 1 ton dalam bentuk biji kopi yang belum dipanggang (green coffe bean)," ujarnya.

Dia mengatakan kualitas jenis kopi Arabika asal Solsel cukup bagus dan diterima oleh pasar luar negeri, akan tetapi masih terkendala oleh pasokan untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X