Bali Siap “Buka Gerbang” Bagi Wisatawan Asing, Waspadai Masuknya Varian Covid-19 Baru

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

BALI, HARIANHALUAN.COM - Bali segera membuka gerbang bagi wisatawan mancanegara mulai 14 Oktober 2021 nanti. Meskipun diharapkan mampu memulihkan perekonomian Pulau Dewata yang kian terpuruk, keputusan ini tetap harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan perencanaan yang matang.

Keputusan tersebut diumumkan oleh pemerintah melalui Luhut Binsar Panjaitan, Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. Luhut mengatakan kebijakan pembukaan pintu Kedatangan Internasional di Bandara Ngurah Rai Bali ini akan dimulai pada 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Gratis! Maskapai Asing dan Nasional Tak Perlu Bayar Biaya Pendaratan Bandara Bali hingga Akhir Tahun

Oleh karena itu, pemerintah akan memperketat syarat pra-keberangkatan dan pada saat kedatangan setiap pelaku perjalanan internasional ke Bali. Hal ini menurutnya dilakukan untuk memastikan tidak terjadi peningkatan kasus di Bali

“Presiden berpesan agar protokol kedatangan di pintu-pintu masuk harus benar-benar diperhatikan serta manajemen karantina harus clean dan transparan,” kata Luhut.

Baca Juga: Bukan Kaleng-kaleng, Indonesia Tunjuk Bali untuk Jadi Lokasi Pertemuan KTT G20

Harapannya, lanjut dia, pembukaan penerbangan internasional ini mampu memulihkan ekonomi Bali. Namun, pembukaan harus tetap dilakukan secara hati-hati sekali walaupun kenaikan kasus sudah menurun.

Persiapan matang

Keputusan tersebut pun disambut baik oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Puan pun berharap agar pembukaan pintu Bali ini bisa mendatangkan banyak manfaat bagi rakyat setempat. Rencana dibuka kembali akses ini, menurutnya, harus membuat ekonomi masyarakat kembali menggeliat.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Akui Bersalah, Rachel Vennya Siap Terima Sanksi

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Terpopuler

X