Ratusan Warga Batam Terserang DBD, Dinkes: Tingkatkan Kebersihan Lingkungan

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 00:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Batam, Provinsi Kepri terus meningkat. Tidak saja waspada, warga diminta juga meningkatkan kebersihan lingkungan terutama mencegah genangan air.

Baca Juga: Aneh! Sudah Sejak Lama Riau Kelangkaan BBM Jenis Solar, Menteri ESDM Baru Tahu

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Batam, hingga 12 Oktober 2021 jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Batam sudah mencapai 480 kasus.

Kasus tersebut tersebar di seluruh wilayah kecamatan di Kota Batam. Namun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020 lalu, jumlah kasus DBD ini mengalami penurunan. Dimana tahun lalu terdapat 528 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, perlu mewaspadai kemungkinan peningkatan DBD karena memasuki musim hujan.

"Kondisi musim hujan ini sangat memungkinkan memunculkan banyak genangan air. Secara umum nyamuk Aedes Aegypti senang tinggal di air yang relatif jernih, utamanya di bak-bak mandi," ucap Didi, seperti dilansuir haluankepri.co, Kamis (14/10/2021).

Disampaikan Didi, dari kasus tersebut belum ada kasus kematian. Pada musim hujan populasi Aedes aegypti akan meningkat karena telur yang belum menetas akan menetas ketika habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan.

Kondisi tersebut akan meningkatkan populasi nyamuk sehingga dapat menyebabkan peningkatan penularan penyakit DBD.

"Kelangsungan hidup nyamuk Aedes aegypti akan lebih lama bila tingkat kelembaban tinggi selama musim hujan sehingga masyarakat harus lebih waspada pada saat memasuki musim hujan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Tak di KPK Lagi, Ini Kesibukan Baru Novel Baswedan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Waspada! Beredar Surat Penipuan Penerimaan CPNS

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:54 WIB

Bupati Musi Banyuasin Kena OTT KPK

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:42 WIB

Bagaimana Cara Nonaktifkan BPJS Kesehatan?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:15 WIB

Terpopuler

X