Mundur! Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Ali Sabri Abbas Lepas Jabatan

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:42 WIB
Ali Sari Abbas (kiri)
Ali Sari Abbas (kiri)

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel) Ali Sabri Abbas sampaikan surat pengunduran diri dan melepas jabatan sebagai legislator. Hal ini dibenarkan oleh Ali Sabri Abbas ketika dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (15/10/2021).

Ali Sabri Abbas mengaku surat pengunduran dirinya telah disampaikan ke DPRD dan ke DPD PAN Solsel. "Iya surat pengunduran Kamis (14/10/2021) disampaikan ke DPRD dan juga ke Partai. Karena sudah tidak bisa maju makanya mundur," dengan canda Mantan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Solsel periode 2017 itu.

Ali mengatakan alasnnya mundur karena desakan dari pemilihnya (konstituen) di Dapil II (Kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari).

"Tugas di DPRD memperjuangkan rakyat namun jika konstituen saya sudah tidak nyaman dengan jabatan ini maka lebih baik saya keluar dari zona nyaman di legislatif," beber Ali.

Menurutnya, konstituen merupakan aset baginya sebagai anggota DPRD maupun tokoh politik. "Jika saya hanya memikirkan diri sendiri tentu saya lebih memilih zona nyaman sebagai Wakil Ketua DPRD Solsel. Tapi, karena desakan dari konstituen yang merupakan aset bagi saya lebih baik saya mundur dari partai dan pimpinan DPRD," katanya.

Dia mengatakan persoalan di internal partai seakan menjadi api dalam sekam. "Jadi sebetulnya ini karena konstituen saya tidak ingin lagi saya di bendera partai PAN. Dan mungkin partai juga ingin berbenah untuk mencari kader yang lebih baik untuk membesarkan partai. Sejauh ini belum ada pikiran untuk bergabung bendera partai lain. Saat ini saya lebih fokus untuk mengurus keluarga," lanjutnya.

Terpisah, Ketua DPD PAN Solsel, Erwin Ali membenarkan jika surat pengunduran Ali Sabri Abbas masuk ke partai pada Selasa (12/10/2021). "Beliau sampai saat ini masih tetap di Partai. Selanjutnya, kami nanti akan usulkan ke DPW untuk diteruskan ke DPP PAN calon pengganti pimpinan DPRD Solsel setelah melakukan rapat pleno partai," katanya.

Sebelumnya, Ade Vernanda dari DPD PAN Dapil I Sangir juga mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Solsel dan akan memasuki proses Pergantian Antar Waktu (PAW) yang dilaksanakan 18 Oktober 2021. "PAW diberikan pada Afri Nofiardi dari Dapil I Sangir," tutur Erwin Ali.

Kemudian, PAW untuk Ali Sabri Abbas di Dapil II sesuai perolehan suara diberikan pada Jetra Pedri. (*)

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Ternyata Begini Karakter Kepemimpinan Puan Maharani

Sabtu, 27 November 2021 | 11:10 WIB
X