Waspada! Pelaku Penyiksaan Hewan Berpotensi Lakukan Kekerasan ke Balita dan Manula

Milna Miana
- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemahaman tentang cara menyayangi hewan dengan memahami bahwa mereka juga memiliki hak hidup yang sama, berdampingan dengan manusia perlu ditanamkan sejak dini.

Tak banyak orang tau, ternyata pembiasaan kekejaman terhadap hewan dapat memicu tindakan yang mengarah pada kejahatan, seperti tindak kekerasan pada manusia hingga berujung pembunuhan.

Baca Juga: Lakukan Dua Hal Ini Agar Hewan Peliharaan Tak Terpapar Covid-19

Berdasarkan catatan Asia For Animal Coalition, Indonesia berada di urutan nomor satu dunia yang paling banyak mengunggah konten kekejaman terhadap hewan di media sosial.

Dari 5.480 konten yang dikumpulkan, sebanyak 1.626 konten penyiksaan hewan berasal dari wilayah Indonesia. Data ini dikumpulkan sejak Juli 2020-Agustus 2021 dari YouTube, Facebook dan TikTok. Namun, angka ini masih kasar karena terdapat ribuan konten serupa yang lokasinya tidak diketahui.

Baca Juga: Apakah Kucing Termasuk Hewan Penghuni Sorga Kelak?

Total konten tersebut tercatat telah ditonton sebanyak 5,3 miliar kali saat penelitian tersebut ditulis. Laporan organisasi perlindungan hewan tersebut menyebutkan bahwa konten kekejaman terhadap hewan di dunia maya sebenarnya adalah masalah global yang berskala luas.

Minim dukungan hukum

Belum lama ini, masih tahun 2021, kasus penjagalan kucing bernama Tayo di Medan, Sumatera Utara sempat menarik perhatian. Setelah perjalanan panjang, akhirnya pelaku divonis 2,5 tahun penjara karena terbukti melakukan pencurian dan pembunuhan hewan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

PLN Siap Bangun Pembangkit EBT 10,6 GW Hingga 2025

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:20 WIB

Jokowi Minta Polri Turut Kawal Realisasi Investasi

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:05 WIB

Jokowi Tinjau Terminal BBM di Bali

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:43 WIB

Bali Bakal Jadi Lokasi IPU Tahun Depan

Jumat, 3 Desember 2021 | 13:50 WIB
X