Mulai Hari Ini, Obat-obatan dan Kosmetik Wajib Sertifikasi Halal

Milna Miana
- Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:12 WIB
Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan obat-obatan, kosmetik, dan barang-barang gunaan, wajib mengantongi sertifikat halal mulai hari ini, Minggu (17/10).

Kewajiban sertifikasi halal itu sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.

Baca Juga: Solok Selatan Fasilitasi Pelaku UMKM dalam Penerbitan Label Halal dan Sertifikat Merek

"Kewajiban bersertifikat halal untuk obat-obatan, kosmetik, dan barang gunaan mulai diberlakukan seiring dimulainya tahap kedua kewajiban bersertifikat halal, yakni 17 Oktober 2021 sampai dengan yang terdekat 17 Oktober 2026," kata Yaqut Cholil Qoumas dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (17/10).

Pemberlakuan sertifikat halal ini juga bertepatan dengan ulang tahun ke-4 Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

Baca Juga: Kabar Baik, MUI Resmi Keluarkan Sertifikat Halal untuk Vaksin Zifivax

Secara umum kebijakan ini mengatur dua tahap, yakni pada tahap pertama, kewajiban ini diberlakukan untuk produk makanan, minuman, serta hasil dan jasa sembelihan.

Hal tersebut sekaligus menandai dimulainya era baru sertifikasi halal di Indonesia sebagai amanah Undang-undang Nomor 33 tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal yang mengatur bahwa produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

Sertifikasi halal sejak itu dilaksanakan oleh BPJPH sebagai leading sector secara administratif dengan melibatkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang berwenang dalam pemeriksaan dan/atau pengujian kehalalan produk, serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menetapkan fatwa kehalalan produk.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

PLN Siap Bangun Pembangkit EBT 10,6 GW Hingga 2025

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:20 WIB

Jokowi Minta Polri Turut Kawal Realisasi Investasi

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:05 WIB

Jokowi Tinjau Terminal BBM di Bali

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:43 WIB

Bali Bakal Jadi Lokasi IPU Tahun Depan

Jumat, 3 Desember 2021 | 13:50 WIB
X