Wapres Ma'ruf Amin Jelaskan Alasan Libur Maulid Nabi Digeser ke Rabu

Milna Miana
- Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Wapres Ma'ruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menggeser hari libur Maulid Nabi atau Hari Kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dari Selasa 19 Oktober 2021 menjadi Rabu 20 Oktober 2021. Lantas apa alasannya?.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, keputusan pemerintah tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia yang saat ini mulai melandai.

Baca Juga: Selama Libur Maulid Nabi, PNS Dilarang Cuti dan Bepergian

"Kami menggeser itu untuk menghindari orang memanfaatkan hari kejepit itu, sehingga orang keterusan (liburan). Oleh karena itu, kami coba (menggeser) itu, walaupun memang (kasus Covid-19) sudah rendah, tapi kita tetap antisipatif," ujar Ma’ruf di Kupang, Nusa Tenggara Timur, dikutip dari Okezone.com, Minggu (17/10/2021).

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menjelaskan, bahwa upaya antisipatif terhadap potensi lonjakan kasus penularan Covid-19 dilakukan agar tidak terjadi pelonggaran protokol oleh masyarakat saat memanfaatkan hari libur seperti di India yang kasus hariannya meledak usai perayaan keagamaan.

Baca Juga: Pemerintah Geser Hari Libur Maulid Nabi, Hidayat Nur Wahid Protes

"India itu kan ketika dia sudah rendah, kemudian terjadi pelonggaran-pelonggaran bahkan ada acara keagamaan, akhirnya naik lagi. Itu kami tidak ingin itu terulang di Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menambahkan bahwa keputusan penggeseran hari libur tersebut untuk menghindari masyarakat yang memanfaatkan libur panjang setelah akhir pekan.

"Itu pertimbangannya semata-mata adalah untuk menghindari masa libur yang panjang, karena di celah antara hari libur dengan libur reguler (Sabtu dan Minggu) itu ada haris kejepit, yaitu hari Senin," kata Muhadjir saat mendampingi Wapres.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Pulihkan Lokasi Bekas Tambang, Jokowi Tanam Pohon

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:51 WIB

Jokowi Resmikan Bandara Tebelian di Sintang

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:15 WIB

Farid Okbah Resmi Ditahan Polisi 120 Hari ke Depan

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:15 WIB

Diungkap, Begini Hasil Tes Kejiwaan Siskaeee

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:30 WIB

Astra Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Ayo Daftar

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:55 WIB

Bansos Tunai Cair Lagi, Jumlahnya Sampai Rp3 Juta

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:45 WIB

KSAD Temui Menko Polhukam Bahas Pengamanan Papua

Rabu, 8 Desember 2021 | 08:55 WIB
X