Simak! Begini Skema Perjalanan Umrah di Masa Pandemi Covid-19

Heldi Satria
- Senin, 18 Oktober 2021 | 15:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menjelaskan skema penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah di masa pandemi. Ada delapan rancangan konsep yang sudah disusun Kementerian Agama.

"(pertama) persyaratan jemaah umrah mengikuti ketentuan dari pemerintah kerajaan Arab Saudi," kata Hilman di dikutip dari merdeka.com, Senin (18/10).

Kedua, lanjut Hilman, jemaah wajib mengikuti protokol kesehatan secara ketat sebelum keberangkatan maupun saat pelaksanaan perjalanannya ibadah umrah, dan saat kembali ke tanah air.

Baca Juga: Hari Ini Rupiah Kembali Melemah ke Rp 14.100/US$

"(ketiga) pemberangkatan atau kepulangan jemaah akan dilaksanakan secara terpadu melalui satu pintu dari bandara Soekarno-Hatta, dalam rangka pengendalian dan pengawasan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah," ungkapnya.

Keempat, pelaksanaan PCR bagi jemaah umrah sebelum keberangkatan akam dilakukan secara terpadu. Serta jemaah di karantina di asrama haji sebelum keberangkatan dan sesampainya di tanah air.

"(kelima) penerbangan yang diizinkan untuk mengangkut jemaah umrah beserta barang bawaannya diusulkan menggunakan penerbangan langsung (direct flight) Indonesia - Arab Saudi," jelasnya.

Keenam, kata dia, Aplikasi PeduliLindungi Kemenkes akan berintegrasi dengan aplikasi Tawalkana Arab Saudi dan sistem komputerisasi terpadu umrah dan haji (Siskopatuh) Kemenag guna memudahkan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah.

"(ketujuh) QR code sertifikat vaskin akan dicetak dan dibagikan kepada jemaah umrah sebagai sarana kemudahan saat pemindaian/scan oleh otoritas Arab Saudi," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

PLN Siap Bangun Pembangkit EBT 10,6 GW Hingga 2025

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:20 WIB

Jokowi Minta Polri Turut Kawal Realisasi Investasi

Jumat, 3 Desember 2021 | 19:05 WIB

Jokowi Tinjau Terminal BBM di Bali

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:43 WIB
X