Alumni SMPN 2 Muara Labuh Jabat Danpomal Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIII Tarakan

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:21 WIB
Danpomal Lantamal XIII Tarakan,  Mayor Laut (PM) Enriko Sandro
Danpomal Lantamal XIII Tarakan, Mayor Laut (PM) Enriko Sandro

HARIANHALUAN.COM - Mayor Laut (PM) Enriko Sandro catatkan sejarah sebagai putra daerah pertama yang menjabat Komandan Polisi Militer (Danpomal) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal XIII) Tarakan, Kalimantan Utara.

Danpomal Lantamal XIII Tarakan, Enriko Sandro merupakan alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kemudian, melanjutkan SMK Angkatan Laut di Surabaya dan seterusnya kuliah di Jakarta Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (SEPA PK) AL lulus tahun 2004.

Masa kecilnya dihabiskan di Padang Aro Kecamatan Sangir dan mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) disana, lalu melanjutkan pendidikan ke SMPN 2 Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu.

"Alhamdulillah, ini berkat doa sanak keluarga dan handai tolan serta seluruh warga Solsel sehingga bisa diberikan kepercayaan dan amanah untuk memimpin POM Lantamal XIII Tarakan pada Jumat 15 Oktober 2021 yang dilantik oleh bapak Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Mukti," ujar Enriko yang bakal naik pangkat Letkol Laut (PM) pada April 2022, Rabu (20/10/2021).

Mayor Laut (PM) Enriko adalah anak sulung dari 4 bersaudara merupakan kelahiran April 1979 dan terlahir dari pasangan Ico dan bidan desa Ot mampu mengharumkan nama daerah kelahirannya di Nagari Koto Baru, Kawasan Saribu Rumah Gadang, Solsel. Menariknya, sang adik Mayor Laut (Mar) Ricky Sandro AAL 52, tahun 2006 sekarang berdinas dilantamal VI Makassar. 

"Kami berdik kakak itu tiga orang lelaki dan satu perempuan. Adik bungsu yang perempuan saat ini mengikuti karir mama sebagai seorang Bidan dan adik yang nomor tiga itu berwira usaha," kata penghobi olahraga motor trail ini.

Menurutnya, tugas negara yang diamanahkan tersebut adalah untuk menjaga wilayah maritim Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan merupakan cekpoin perlintasan kapal-kapal dari Pasifik menuju Indonesia. 

"Kita ingin memberikan yang terbaik pada kesatuan AL. Tarakan merupakan daerah strategis dalam wilayah maritim Indonesia sesuai matra lautnya," kata lulusan Seskoal AL angkatan ke-58 tahun 2020. 

Dia menyatakan amanah negara ini merupakan suatu poin yang diberikan pimpinan sehingga bisa bertugas di Tarakan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Pulihkan Lokasi Bekas Tambang, Jokowi Tanam Pohon

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:51 WIB

Jokowi Resmikan Bandara Tebelian di Sintang

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:15 WIB

Farid Okbah Resmi Ditahan Polisi 120 Hari ke Depan

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:15 WIB

Diungkap, Begini Hasil Tes Kejiwaan Siskaeee

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:30 WIB

Astra Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Ayo Daftar

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:55 WIB
X