Rapor Merah Tujuh Tahun Pemerintahan Jokowi Menurut Pukat UGM

Heldi Satria
- Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:25 WIB
Pukat UGM
Pukat UGM


HARIANHALUAN.COM - Selama 7 tahun pemerintahan Jokowi sebagai presiden RI, Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan sejumlah catatan. Pukat menilai bahwa presiden tidak memiliki perhatian khususnya untuk pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Menurut saya presiden tidak punya perhatian dalam pemberantasan korupsi," kata Peneliti Pukat UGM Zaenur Rohman, dikutip dari suara.com, Rabu (20/10/2021).

Zaenur menuturkan situasi itu berbeda kemudian dengan semangat presiden dalam urusan pembangunan infrastruktur. Di mana presiden terlihat sangat bersemangat dalam kerja-kerja proyek strategis nasional dalam khususnya pembangunan infrastruktur.

Padahal tanpa adanya pemberantasan korupsi yang sistematis, kata Zaenur, pembangunan itu tidak akan menghasilkan satu hasil yang bermanfaat secara optimal untuk rakyat. Tetapi justru hasil pembangunan itu dimanfaatkan oleh segelintir kelompok elit melalui cara-cara yang korup.

Baca Juga: Video Thawalib Padang Panjang Juara 2 Video Kreatif Hari Santri Tingkat Sumbar

"Ya bisa dikatakan tanpa adanya pemberantasan korupsi yang sistematis, Indonesia akan sulit untuk menjalankan pembangunan secara berkualitas," ujarnya.

Belum lagi Indonesia akan kesulitan untuk menjadi negara yang maju. Akibat dari sumberdaya publik yang sudah dikuasai melalui cara-cara yang korup oleh segelintir elit.

"Sehingga rakyat justru semakin susah untuk menikmati hasil pembangunan dengan berkualitas," ucapnya.

Nihilnya perhatian presiden dalam pemberantasan korupsi di Indonesia terlihat dari indeks persepsi korupsi yang ada. Hasil dari indeks persepsi korupsi terakhir yang diukur tahun 2020 mengalami penurunan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

Kasus Melandai, Momentum untuk Genjot Vaksinasi

Kamis, 2 Desember 2021 | 17:10 WIB

Catat! Ini Syarat Ketat Perjalanan Libur Akhir Tahun

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB

Industri Nasional Terus Ciptakan Teknologi Baru

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:25 WIB
X