Tegas! Bamus Betawi Haramkan Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta

Dodi Caniago
- Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:28 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Musyawarah (Bamus) Betawi memperotes keras rencana pemberian nama  salah satu jalan di Jakarta, dengan nama Mustafa Kemal Ataturk.

Baca Juga: Alhamdulillah, Status PPKM Kepri Bersama Sumbar dan NTB Turun ke Level 1

Ketua Umum Bamus Betawi Abraham Lunggana alias Haji Lulung, menyatakan, orang Betawi mengharamkan nama Mustafa Kemal Ataturk terpampang di tanah Jakarta manapun.

"Haram hukumnya di tanah Betawi ada nama Jalan Mustafa Kemal Ataturk," tegas Haji Luhung, seperti dilansir Sindonews.com, Rabu (20/10/2021).

Penolakan Bamus Betawi ini karena reputasi Ataturk yang dianggap sebagai tokoh Turki yang kontroversial dengan pemikiran sesat mengingat yang bersangkutan dikenal seluruh dunia sebagai Islamofobia.

"Dia adalah seorang tokoh sekuler yang kejam dan benci Islam. Tak layak namanya dijadikan nama jalan di Jakarta yang mayoritas penduduknya beragama Islam," ujarnya.

Ketum Bamus Betawi yang juga Ketua DPW PPP DKI Jakarta itu menyarankan pemerintah tidak sembarang menempatkan nama jalan di Jakarta sebelum ditinjau semua aspek sejarah dan geografisnya.

"Jika rencana tersebut dipaksakan justru akan mencederai perasaan umat Islam di Indonesia, khususnya umat Islam Betawi sebagai masyarakat yang religius," tegasnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Kasus Melandai, Momentum untuk Genjot Vaksinasi

Kamis, 2 Desember 2021 | 17:10 WIB

Catat! Ini Syarat Ketat Perjalanan Libur Akhir Tahun

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB

Industri Nasional Terus Ciptakan Teknologi Baru

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:25 WIB
X